Lagi, Dodi dan HDMY Bersaing Ketat


Arie Perdana Putra 2018-06-19 20:51:13 Palembang 43 kali

Lembaga survey saat merilis surveynya

PALEMBANG, Kabar28.com,- Persaingan antara Paslon nomor 1 dan 4 di Pilkada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel masih menjadi trend di berbagai kalangan masyarakat begitupun lembaga survei. Bagi lembaga survei Indomatrik, trend positif peningkatan Paslon nomor 4 Dodi Reza Alex-Giri Ramandha hingga hari ini masih dirasakan, namun kekuatan di Paslon nomor 4 Herman Deru-Mawardi Yahya masih tetap ada.

Dikatakan Direktur analisis lembaga survei Indomatrik Denny Yusuf, setiap saat perolehan suara setiap Paslon dapat saja berubah, hanya saja memang untuk Pilgub Sumsel Paslon nomor urut 1 dan 4 tetap menjadi unggulan."Trend Paslon nomor 4 masih cenderung meningkat hingga hari pencoblosan nanti," ujar dia, Selasa (19/06/2018).

Denny Yusuf juga memaparkan jika ada sebanyak 98,78 persen masyarakat Sumatera Selatan mengetahui Pilkada pada tanggal 27 Juni, tidak mengetahui atau tidak menjawab sebesar 1,25 persen. Hal tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan sejak tanggal 29 Mei sampai 3 Juni 2018, dengan responden sebanyak 880, dengan sampling eror 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Dan penarikan sampel dilakukan menggunakan metode Multistage Random sampling. Kemudian,  Responden yang terpilih diwawancarai lewat tatap muka (face to face interview) oleh pewawancara. Setiap pewawancara bertugas untuk satu kelurahan yang hanya terdiri dari 10 responden. 

"Kita juga melakukan Quality Control Control terhadap hasil survei dilakukan secara acak sebesar 20% dari total sampel oleh supervisor melalui spotcheck dilapangan,"jelasnya.

Terkait pengenalan Paslon dalam Pilgub Sumsel ini, sambunya, masyarakat telah memiliki kesadaran tersendiri terhadap partisipasi politiknya. Dimana dari 4 pasangan yang indomatrik rekam ada 3 pasangan yang sangat menonjol di mata publik, yakni ishak M 98,75% (incumbent Wagub) dan pendatang baru Herman D 97,750/0, Dodi R Alex 97.58%. 

"Ada 2 pasangan yang sangat menonjol di mata publik yakni Dodi R Alex - Giri RN Kiemas 66,45 persen dan Herman Deru - Mawardi Yahya sebesar 61,55 persen Dua pasangan inilah an bersain ketat di 2018 dan berpeluang memenangkan pertarungan," kata dia.

Denny juga menerangkan bahwa, dalam survei masyarakat juga beri pertanyaan secara spontan (Top of Mind), dimana hasilnya menunjukkan bahwa konstituen sudah, mempunyai pilihannya terhadap paslon yang meramaikan Pilgub.

 

"Dodi Reza - Giri Ramandha sebesar 32,02 persen, dan Herman Deru - Mawardi Yahya sebesar 27,37 persen. Dan yang belum menentukan (swing vooter) sebesar 22,74 persen," ungkap Denny.

 

Menurutnya, dua pasangan diatas tersebut juga besaing ketat di 17 Kabupaten - Kota. Dimana paslon nomor empat unggul di 9 Kabupaten Kota, sedangkan paslon nomor satu unggul di 7 Kabupaten - Kota.

"Dodi Reza - Giri Paling unggul di Palembang sebesar 19,68 persen dan Herman Deru - Mawardi Yahya unggul di OKU Timur sebesar 8,05 persen," tutup Denny Yusuf. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close