Tips Sukses Hadapi Wawancara Kerja


Lia Cikita 2018-06-19 19:59:06 Tips 99 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,  - Wawancara kerja menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya kita seringkali merasa gugup dalam menjawab setiap pertanyaan pewawancara.

Ketika ditanyai alasan mengenai keinginan pekerjaan tersebut, kita sering kali malah memberikan jawaban yang tidak jelas. Terlebih bila pekerjaan yang kita lamar memang bukan sesuai passion kita.

Nilai-nilai semasa sekolah ataupun kuliah bahkan dilirik pewawancara, mempertanyakan mengapa ada penurunan nilai dan sebagainya. Hal ini tentu semakin menyulitkan kita untuk menjawab dengan tepat.

Tentunya kita perlu belajar dari setiap wawancara kerja yang pernah kita lakukan. Sehingga dalam wawancara selanjutnya kita bisa menhindari kesalahan yang sama.

Berikut kiat wawancara yang bisa membantu Anda menhadapi pewawancara, seperti dilansir dari laman Hercampus, Selasa (19/6/2018).

1. Latih jawaban untuk kalimat "Beri tahu kami tentang Anda"

Kesan pertama dapat berdampak baik atau malah menghancurkan wawancara Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa pewawancara tahu dalam lima menit pertama, apakah dia akan mempekerjakan Anda atau tidak.

Jika Anda sudah sering melakukan wawancara, Anda tentu tahu bahwa 80% kemungkinan akan diminta 'memberi tahu tentang diri Anda'. Jadi latih jawaban Anda dengan membuatnya seperti lagu cinta favorit Anda.

2. Tentukan motivasi Anda menginginkan pekerjaan tersebut dan apa yang berbeda dari diri Anda ketimbang pelamar lain

Anda mungkin bukan satu-satunya orang yang direkrut untuk pekerjaan tersebut. Tentu ada banyak orang yang juga mengikuti serangkaian tahap untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Maka, buat diri Anda menonjol dari yang lain. Beri tahu perekrut secara tepat bagaimana dan mengapa Anda akan membawa nilai baikbagi pekerjaan dan perusahaan itu.

3. Bersikaplah realistis tentang kekuatan dan kelemahan Anda

Meskipun kepercayaan diri sangat diperlukan dalam setiap wawancara, namun jangan pernah mengatakan bahwa 'Anda seorang yang perfeksionis'. Pasalnya, hal ini tidak realistis.

Pewawancara menanyakan ini karena suatu alasan, dan mengakui bahwa Anda manusia, jadi bukan berarti selalu sempurna.

4. Miliki setidaknya tiga pertanyaan padat yang ingin Anda tanyakan kepada perekrut

Datanglah sebagai seorang pelamar yang tulus, ingin tahu dan diteliti dengan baik selama wawancara kerja. Hal ini sangat penting.

Sebelum Anda pergi, pastikan untuk menanyakan setidaknya tiga pertanyaan kuat tentang posisi Anda atau perusahaan tersebut.

Anda bahkan dapat menggunakan waktu ini untuk mengenal lebih jauh tentang peran mereka secara pribadi dan memberi mereka kesempatan untuk menunjukkan apa yang paling mereka sukai dari pekerjaan mereka. Ini juga membuat wawancara tampak bukan seperti penyelidikan dan lebih mirip percakapan. 

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close