Hati-hati, Tidak Semua Pasta Gigi Bisa Jadi Obat Jerawat Darurat


Arie Perdana Putra 2018-06-19 18:50:51 Kesehatan 58 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Kabar28.com,-  Munculnya  jerawat di wajah terkadang bisa sangat menyebalkan bagi banyak orang. Sebab jerawat bisa mengurangi tingkat percaya diri ketika harus tampil di hadapan umum. Tidak heran bila sebagian besar yang memiliki jerawat di wajah langsung mencari cara untuk mengatasinya.

Mengobati jerawat pun dilakukan dalam berbagai cara. Ada yang memilih menggunakan obat atau perawatan kecantikan tertentu. Namun ada pula yang memilih menggunakan bahan-bahan lain untuk mengatasi jerawat, seperti pasta gigi.

Menurut seorang direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi Mount Sinai Hospital, New York, pasta gigi telah sejak lama digunakan sebagai obat rumahan untuk mengatasi jerawat.

"Alasannya karena banyak pasta gigi yang mengandung bahan triclosan yaitu antimikroba yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit," terang direktur bernama Joshua Zeichner, MD seperti yang dilansir dari Women's Health, Selasa (19/6/2018).

Akan tetapi, dirinya menambahkan bila sebenarnya triclosan adalah bahan yang kontroversial. Sebab berdasarkan sejumlah penelitian, bahan tersebut telah dikaitkan dengan gangguan hormon pada tubuh.

Di sisi lain, pasta gigi mungkin bisa mengatasi jerawat dalam keadaan darurat, karena sebagian besar formula yang terkandung adalah zat pengering seperti baking soda dan alkohol. "Pasta gigi mungkin memiliki efek mengering pada jerawat dan dapat mengurangi ukuran jerawat merah," imbuh Joshua.

Tapi terkadang, kadar formula yang terkandung dalam pasta gigi lebih tinggi, agar dapat bekerja lebih baik. Hal itu membuat saat formula mengenai kulit dapat menyebabkan iritasi atau membuatnya kering.

Selain itu, bisa pula terjadi reaksi berantai karena kulit yang kering dan teriritasi akan menghasilkan lebih banyak jerawat. Bagi Anda yang benar-benar putus asa dan ingin menggunakan pasta gigi sebagai obat jerawat, pastikan formula yang terkandung di dalamnya tidak memiliki tambahan pemutih, obat kumur, atau pewarna.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close