HUT Palembang, Prasasti Kedukan Bukit Menjadi Salah Satu Bukti "Akta" Lahirnya Kerajaan Sriwijaya


Arie Perdana Putra 2018-06-17 20:11:03 Palembang 41 kali

Sekum MSI Sumsel, Kemas AR Panji

PALEMBANG, Kabar28.com,- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Irene Camelyn Sinaga mengatakan, bahwa isi prasasti Kedukan Bukit ke depan harus menjadi salah satu momentum Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Disbudpar Sumsel, untuk mengajak masyarakat mengisi kegiatan Festival Sriwijaya yang jadwalnya diselaraskan dengan isi Prasasti Kedukan Bukit Kerajaan Sriwijaya, kemarin.

Menurut Irene, pihaknya sengaja melaksanakan pergelaran doa bersama memperingati hari lahir Palembang sebagai Ibukota Kerajaan Sriwijaya yang jatuh setiap 16 Juni." Hal ini sebagai upaya pemerintah untuk menggali kembali sejarah Kerajaan Sriwijaya," ujar Irene Camelyn Sinaga pada akhir acara The Glory Of Sriwijaya di Taman Perbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS).

Dilanjutkan Irine isi prasasti Kedukan Bukit kedepan harus menjadi salah satu momentum Disbudpar Sumsel untuk mengajak masyarakat untuk mengisi kegiatan Festival Sriwijaya yang jadwalnya diselaraskan dengan isi Prasasti Kedukan Bukit Kerajaan Sriwijaya.

"Prasasti Kedukan Bukit menjadi salah satu bukti "Akta" lahirnya Kerajaan Sriwijaya dan harus terus diketahui oleh generasi bangsa terkhusus masyarakat Sumsel. Peringatan hari lahir Kerajaan Sriwijaya ini sangatlah baik dilakukan oleh generasi bangsa agar tidak melupakan sejarah, karena kita ketahui bahwa Sriwijaya merupakan kerajaan maritim terbesar di Asia," ujarnya.

Sementara, Sekretaris Umum MSI Sumsel, Kemas A.R. Panji. Dimana ia mengatakan saat perumusan HUT Kota Palembang ditetapkan di tahun 1972 oleh Walikota R.A. Arifai Tjek Yan.

"Penetapannya didasarkan pada isi prasasti Kedukan Bukit (Kerajaan Sriwijaya) yang mencantumkan tanggal  16 Juni 682 Masehi, tetapi dalam SK Penetapan ditetapkan menjadi 17 Juni 683 Masehi sehingga Palembang saat ini berusia 1335 tahun," terangnya.

Kemas mengatakan sangat disayangkan ketetapan saat itu tidak tidak sesuai dengan fakta sejarah Prasasti Kedukan Bukit yang ada di TPKS

"Namun saya secara pribadi tetap hormat dan berikan apresiasi yang tinggi atas perumusan tersebut sehingga mempunyai kepastian tentang HUT Kota Palembang dan menjadikan Palembang sebagai kota tertua di Indonesia yang memasuki usia 1335 tahun," tutupnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close