Pastikan Listrik di Rumah Aman Sebelum Mudik Lebaran, Ini Caranya


Lia Cikita 2018-06-13 20:27:01 Ekonomi 52 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com, - Mudik menjadi salah satu tradisi yang dilakukan di menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Kekhawatiran pun tak jarang muncul kala seseorang harus meninggalkan rumah untuk sementara waktu.

Menurut Direktur Bisnis PLN Regional Jawa Bagian Barat Haryanto WS pertama seseorang harus memastikan instalasi kelistrikan di tempat tinggalnya dengan baik. Kemudian, ia menyarankan MCB (Miniature Circuit Breaker) untuk dinonaktifkan.

"Tips pertama instalasi harus keadaan baik. Kedua, alat listrik dimatikan bila bisa langsung dari MCB," jelasnya di kantor PLN Distribusi DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (13/6/2018).

Sebab peralatan tersebut berisiko menyebabkan kebakaran bila tidak dicabut dari saklarnya.
Selain itu, ia meminta masyarakat untuk mengisi listrik atau membayar terlebih dahulu tagihan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik. Pasalnya, bila tidak PLN akan melakukan tindakan.

"Sebelum mudik isi pulsa listrik atau bayar listrik lebih awal karena nanti pulang sebelum tanggal 20 nanti diputus," sambungnya.

Sementara itu, untuk menghemat biaya listrik Hariyanto menyarankan untuk mencabut kabel beberapa peralatan elektronik yang sekiranya tidak diperlukan, seperti televisi (TV), radio, dan dispenser.


"Kalau TV nggak perlu nyala dicabut dari saklarnya, radio dan dispenser. Kalau tidak dicabut ada alat yang nyala ada bahaya kalau alat rusak konslet bisa kebakaran," tutupnya. 

Sumber : detiknews.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close