Rilis Hasil Survei, Konsep Indo Unggulkan HDMY


Arie Perdana Putra 2018-06-11 20:52:44 Politik 78 kali

PALEMBANG, Kabar28.com,- Lembaga Konsultan Sosial Ekonomi Politik (Konsep Indo) merilis hasil surveinya, Senin (11/06/2018), mengunggulkan Paslon Cagub-Cawagub Sumsel nomor urut 1 Herman Deru-Mawardi Yahya.

Manager riset Konsep Indo, Aji mengatakan, survei yang dilakukan pihaknya pada 1 hingga 6 Juni 2018 ini sudah melalui prosedur dan standar survei dengan menggunakan banyak variable penting yang seringkali diuji dalam banyak survei. "Baik tentang trend perilaku pemilih adalah dimensi sosiografi, psikologis dan pencintraan publik," tuturnya.

Ditambahkannya, survei yang bertujuan untuk mengetahui kualitas calon/kandidat serta psikologi massa yang dianggap faktor terpenting dalam menentukan pilihan politik pemilih. Bahkan, survei ini sekaligus menguji sejauh mana tingkat popularitas nama-nama yang beredar dan bagaimana probabilitas keterpilihannya, serta berapa kuat modal dukungan dan sebaran dukungan yang dimiliki," tegas Aji.

Survei dilakukan dengan menggunakan objek sample usia di atas 17 tahun atau lebih, serta sudah menikah ketika survei dilakukan, sehingga mendapatkan hasil dengan kematangan survei politik, dan bisa dipertanggung jawabkan secara real fakta.

"Jika top survei saat ini masih dipegang oleh Paslon nomor urut 1 Herman Deru dan Mawardi Yahya dengan perolehan elektabilitas sebesar 31,2 persen disusul oleh Paslon nomor urut 4 Dodi Reza dan Giri Ramandha dengan 24,9 persen," ujarnya.

Tapi ada satu faktor yang paslon tidak boleh lupakan yaitu dukungan pemilih militan masing - masing paslon baik dari partai ataupun umum. Berdasarkan distribusi Kabupaten/Kota, pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya unggul di 7 daerah antara lain, Kota Palembang (39%), Kota Prabumulih (60%), Ogan Ilir (43,3%), Ogan Komering Ulu (40,0%), Oku Selatan (70,6%) dan Ogan Komering Ulu Timur (65,8%). Sedangkan Paslon Dodi-Giri unggul di 4 daerah yaitu Muara Enim (40,0%), Musi Banyuasin (90%), Musi Rawas Utara (74,4%) dan Pali (50%).

"Jadi, secara hasil survei Paslon Cagub nomor urut 1 Herman Deru dan Mawardi Yahya berpeluang besar dalam memenangkan Pilgub Sumsel periode 2018 - 2023," tutup Aji. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close