Mahathir: Banyak Orang Minta Najib Ditangkap, Itu Tak Mudah


Mutiara Safitri 2018-06-11 10:50:02 Internasional 56 kali

Mahathir Mohamad (Foto : istimewa)

Tokyo, Kabar28.com,-  Banyak orang meminta agar mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak segera ditangkap, namun PM Mahathir Mohamad menyebut hal itu tidak mudah. Diungkapkan Mahathir bahwa bukti-bukti masih terus dikumpulkan terkait Najib.

Mahathir menyatakan Najib belum ditangkap karena bukti-bukti masih dikumpulkan untuk membangun kasus yang kuat. Diketahui bahwa Najib terseret skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

"Orang-orang menunggu -- kapan kita akan menangkap Najib Tun Razak?" ucap Mahathir saat berpidato di hadapan 250 warga Malaysia dalam kunjungan ke Tokyo, Jepang, pada Minggu (10/6) waktu setempat. "Itu tidak mudah. Kita harus mencari bukti yang akan memperkuat di pengadilan," imbuhnya.

"Jika buktinya tidak kuat dan dia tidak dinyatakan bersalah oleh pengadilan, maka semua hal yang telah kita lakukan dan katakan akan dipertanyakan orang-orang," tegas Mahathir. 

Dinyatakan Mahathir, bahwa dengan bukti yang benar, 'semoga' Najib akan dinyatakan bersalah oleh pengadilan. 

"Saya bilang 'semoga' karena pilihan rakyat harus dihormati dan kita ingin menjadi negara demokratis," ujar Mahathir, sembari menyatakan pemerintahan Pakatan Harapan yang dipimpinnya tidak akan mempengaruhi proses hukum dan peradilan.

"Kita tidak ingin terburu-buru menjebloskan orang ke penjara dan berharap agar bisa mengumpulkan cukup bukti untuk mendakwa Najib di pengadilan," ucapnya lagi. 

Soal pencegahan Najib dan istrinya, Rosmah Mansor, ke luar negeri, Mahathir menyebut hal itu seharusnya membuat Najib lega. Beberapa waktu lalu, Najib dan istrinya dimintai keterangan oleh Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) soal aliran dana dari SRC International, anak perusahaan 1MDB, ke rekening pribadi Najib.

Sumber : detik.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close