Elektabilitas HDMY Turun, LSI: Ini Sebabnya


Arie Perdana Putra 2018-06-09 15:23:00 Politik 114 kali

Dodi-Deru

PALEMBANG, Kabar28.com,- Peneliti Senior Lembaga Senior Indonesia (LSI), Rully Akbar mengatakan, fokus survei Pilgub Sumsel 2018 hanya pada Dodi-Giri dan HD-MY, karena LSI memprediksi mendekati pencoblosan hanya menyisakan pertarungan sengit dua paslon tersebut.

"Kita hanya highlight kandidat yang punya progres baik. Bukan mengecilkan kandidat Ishak Mekki dan Saifudin Aswari Rivai, tapi trackingsurvei keduanya tidak naik lagi. Sedangkan HD-MY dan Dodi-Giri masih tampak cukup kuat bersaing memenangkan pilkada. Sehingga kami menilai peluang masih berkutat di dua paslon ini," tutur Rully.

Tak hanya itu, Rully pun menyebut elektabilitas Herman Deru menurun dan Dodi Reza Alex naik. Menurutnya ada empat alasan dibalik hal itu, yaitu karena adanya dugaan skandal Herman Deru dan kasus narkoba putra Mawardi Yahya yang kembali terbuka. Lalu, tingkat pengenalan Dodi yang terus menanjak.

"Publik juga merasa puas dengan kinerja Gubernur Alex Noerdin yang mencapai 77,7%. Sehingga elektabilitas Dodi yang dianggap penerus Alex Noerdin terpengaruh positif. Faktor lain yang juga mendapat sorotan adalah program Dodi yang disukai banyak pemilih," tuturnya.

Menurut Rully, meski Dodi-Giri mengungguli paslon lainnya dalam hasil survei terbaru ini, bukan berarti paslon lain terutama HDMY tidak mampu membuat kejutan. Sebab, swing voter atau pemilih yang belum menentukan pilihan masih cukup besar untuk diperebutkan.

“Dalam waktu 3 minggu ini (hingga hari pemungutan suara), semua masih bisa berubah. Jika tren Dodi terus menanjak, maka pada hari pemungutan suara dia tidak tertahankan. Kandidat lain bisa mengalahkan Dodi jika berhasil mematahkan tren menanjak Dodi,” tutupnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close