Menahan Pipis saat Perjalanan Mudik Bisa Akibatkan Penyakit Saluran Kemih, Ini Solusinya


Lia Cikita 2018-06-08 20:19:39 Nasional 82 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Kabar28.com, - Bagi anda yang mudik menggunakan kereta api atau pesawat, masalah ke belakang tidak akan terlalu menyiksa. Lain halnya dengan mereka yang naik bus atau mobil pribadi. Panggilan alam, terutama buang air kecil, sulit untuk dihindari.

Macet adalah musuh utama pemudik yang melewati jalur darat. Tidak hanya rasa lelah, tetapi juga harus berhitung dengan cermat untuk buang air kecil/besar. Lewat sedikit kesempatan, repot urusannya. Sebab, menahan pipis sangat berbahaya.

Berikut beberapa bahaya yang mengancam jika Anda nekat menahan pipis, dinukil dari Medical News Today, Jumat (8/6/2018).

1. Rasa sakit pada ginjal dan kandung kemih

Rasa sakit yang tidak tertahankan sudah pasti terasa. Saat akhirnya menemukan tempat untuk pipis, akan terasa sakit saat buang air kecil. Otot-otot di sekitar saluran kemih juga tetap mengepal setelah buang air yang dapat mengakibatkan kram perut.

2. Infeksi saluran kemih (UTI)

Jika Anda terlalu lama menahan pipis, bakteri yang harusnya keluar malah akan terkumpul. Bakteri-bakteri tersebut dapat menyebabkan terjadinya infeksi kandung kemih. Memang belum ada penelitian menahan pipis dapat menyebabkan UTI, tetapi dokter menyarankan untuk menghindari menahan pipis.

3. Batu ginjal

Selain kencing batu atau sakit saat buang air kecil, menahan pipis terlalu lama juga dapat mengakibatkan batu ginjal. Penting untuk dicatat bahwa air kencing mengandung mineral seperti uric acid dan kalsium oksalat. Jika terlalu lama menggumpal, maka dikhawatirkan akan memicu terjadinya batu ginjal.

Tentu lebih baik mencegah daripada mengobati. Anda juga bisa mencegah kebelet pipis di perjalanan dengan berbagai cara. Solusi paling praktis adalah membawa pispot. Cara tersebut ampuh untuk laki-laki karena bisa pipis di mana saja dengan cepat.

Cara lainnya adalah dengan mengurangi minuman yang bersifat mengeluarkan cairan seperti teh, kopi, susu, dan es kelapa saat di perjalanan. Bagi wanita tentu sulit untuk buang air kecil di sembarang tempat. Maka, disarankan agar Anda sering-sering berhenti di tempat peristirahatan atau pom bensin yang tersebar di jalur mudik. Sedikit lama tidak masalah yang penting tidak membawa penyakit saat pulang ke kampung halaman.

Melansir dari Times of India, solusi lainnya bisa dengan memperbaiki posisi duduk Anda. Jangan terlalu menekan bagian bawah tubuh, terutama dari perut ke bawah, karena akan meningkatkan tekanan pada kandung kemih. Pikiran juga dapat membantu Anda menghindari kebelet pipis. Jika mulai terasa sedikit, coba alihkan pikiran dengan memikirkan yang lain atau tidur.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close