Tidak Sembarangan, Ini Alasan Setiap Malam Orang Dewasa Wajib Tidur 7 Jam


Lia Cikita 2018-06-07 20:37:17 Kesehatan 59 kali

Ilustrasi (Foto: istimewa)

Kabar28.com, - Setiap malam orang dewasa butuh waktu tidur nyenyak selama 7 jam. Ada manfaat menguntungkan, salah satunya membuat Anda terhindar dari risiko penyakit jantung.

Kalau Anda tidur kurang dari waktu yang disarankan, dalam jangka pendek dampaknya membuat tubuh gampang lelah dan mengalami gangguan metabolisme.

Di samping itu, jantung jadi tidak awet muda yang berakibat mengalami gangguan serius. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari dampak ini, apalagi bagi kaum milenial.

"Hasil ini penting diketahui banyak orang, karena menunjukkan metode kuantitatif untuk memasukkan durasi tidur dalam pembentukan dan komunikasi risiko kardiovaskular pada seseorang," kata Peneliti Julia Durmer dari Universitas Emory di Georgia, Amerika Serikat, dilansir Thehealthsite, Kamis (7/6/2018).

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Sleep ini melibatkan data dari 12.775 orang dewasa, berusia antara 30-74 tahun. Responden melaporkan durasi tidur yang diklasifikasikan ke dalam lima kategori. Antara lain mereka tidur selama 5 jam hingga 9 jam lamanya. Ada perbedaan dari masing-masing durasi tidur tersebut.

Tim peneliti menggunakan algoritma usia jantung Framingham khusus untuk mengecek hasil studi ini. Dalam hal ini diteliti hubungan antara durasi tidur dan usia jantung yang berlebihan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata usia jantung berlebih yang disesuaikan dengan laporan tidur dalam sehari. Mereka yang tidur cukup selama 7 jam, di masa hidupnya hampir tidak pernah mengalami gangguan jantung. Tapi ini juga dibarengi dengan menjaga pola makan yang tidak sembarangan.

National Sleep Foundation yang berbasis di Amerika Serikat juga menyebutkan, orang-orang kurang tidur akibat insomnia sepanjang hari, sudah diklaim rentan menderita gangguan penyakit kardiovaskular. Terlebih mereka sangat rentan dengan gangguan penyakit jantung koroner.

Selain karena gangguan tidur, risiko gangguan kardiovaskular juga dipengaruhi karena usia, berat badan, kebiasaan merokok dan olahraga.

Kenapa bisa kalau Anda kurang tidur bisa sebabkan ancaman penyakit tersebut ya? Tidak lain alasannya ialah seseorang telah mengalami gangguan metabolisme glukosa, tekanan darah dan peradangan. Tapi faktor risiko tersebut dapat dicegah dengan mengubah pola hidup agar tetap seimbang.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close