Pemkot Palembang Ajukan Perluasan Wilayah Untuk Kemajuan Kota Provinsi


2016-12-29 17:02:15 Palembang 436 kali

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang (Foto : Istimewa)

Palembang, Kabar28.com - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berencana untuk memperluas wilayah Palembang. Hal Itu dilakukan untuk mendukung kemajuan kota Palembang sebagai ibukota Sumsel.

Seperti yang dikatakan Kepala Bappeda, M Sapri, saat dibincangi usai menggelar rapat diruang paripurna kantor DPRD Kota Palembang, Selasa (27/12), lalu.

Ia menambahkan, Pemkot sedang melakukan kajian mengenai rencana perluasan wilayah tersebut sebelum disetujui oleh DPRD Kota Palembang. Pasalnya, akan ada sebagian wilayah di tiga kabupaten terdekat seperti Banyuasin, Ogan Ilir, dan Muara Enim yang akan masuk ke dalam wilayah Kota Palembang. Namun demikian hal tersebut tampaknya belum bisa direalisasikan dalam waktu dekat.

“Ini belum mendetail, kajian ini masih lama karena setelah disetujui baru dibawa ke Gubernur dan anggota DPRD Provinsi,” katanya.

Menurut Sapri, Kota Palembang akan melakukan perluasaan wilayah sejauh 15 kilometer (KM) yang berpusat di Bundaran Air Mancur (BAM) Masjid Agung Palembang. Dengan radius sejauh itu, setidaknya ada beberapa wilayah yang diusulkan akan menjadi kawasan kota Palembang.

Ada enam usulan yang diberikan, diantaranya wilayah kabupaten Banyuasi meliputi Talang Keramat, Kenten Laut, Tanjung Api-Api, dan Mariana (Banyuasin I). Ada pula wilayah kabupaten Banyuasin, meliputi Kelurahan Tanah Mas dan Kelurahan Sukajadi.

Selain itu, ada pula wilayah Banyuasin meliputi wilayah Pulo Kerto (Gandus), berbatasan dengan Kawasan Kota Mandiri Pulokerto (Gandus). Wilayah lain yang disarankan, yakni wilayah kabupaten Ogan Ilir, berdekatan dengan Kelurahan Karya Jaya, Kertapati.

Selanjutnya, ada wilayah Kabupaten Ogan Ilir, yang wilayah meliputi desa Pemulutan, diwilayah Kabupaten Banyuasin meliputi Tegal Binangun, dan Kecamatan Rambutan. Dan yang terakhir di wilayah Kabupaten Banyuasin meliputi Sungai Gerong, Mariana (Banyuasin I).

“Sudah sejak tahun 2015 kajian ini kita lakukan, namun baru kali ini kita tampilkan didepan anggota DPRD. Ini merupakan inisiatif kita untuk mendukung perluasaan ibu kota Provinsi Sumsel, agar menjadi kawasan yang lebih maju,” jelasnya.

Sapri pun menjelaskan, jika nantinya terealisasi, meskipun telah menentukan luas wilayah dengan radiasi 15 km ini, namun perluasan kawasan Kota Palembang ini tidak akan berbentuk bulat.

"Pasalnya, kedepan Kota Palembang akan menggunakan keadaan alam sebagai batas wilayah agar tak menjadi masalah dikemudian harinya‎," pungkasnya. (Rvl/BM)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close