Agar Bebas Narkoba, Sopir AKAP Jalani Tes Urine


Arie Perdana Putra 2018-06-06 18:34:22 Ogan Komering Ilir 105 kali

Tes urine sedang berlangsung. (Holdi)

KAYU AGUNG, Kabar28.com,- Pengemudi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Kota Kayuagung, Ogan Komering Ilir (OKI) jalani tes urine. Hal itu untuk memastikan kondisi sopir dalam keadaan baik ketika mengantarkan para pemudik menuju kampung halaman.

Kasi Pencegahan Dan Pembinaan BNN Kabupaten OKI, Zakaria mengatakan, hal itu dilakukan untuk meminamalisir kejadian yang tidak dinginkan akibat Human Eror, jangan sampai dalam menjalankan tugasnya pengemudi tersebut di bawah pengaruh narkotika. 

"Ini untuk menjamin keselamatan, karena keselamatan penumpang adanya di pengemudi kan. Maka pengemudinya harus benar-benar sehat," ujar Zakaria, Rabu (6/6/2018).

Dari hasil pemeriksaan lanjutnya, pihaknya tidak menemukan pengemudi atau sopir yang positif mengkonsumsi narkoba. "Dari sekian banyak yang diperiksa, Alhamdulillah tidak satupun sopir yang dinyatakan positif atau dibawah pengaruh narkoba," katanya. 

Menurut pria yang akrab disapa Pak Jek ini, narkoba itu lebih rentan di gunakan oleh para pengemudi yang memiliki perjalanan atau jarak tempuh yang relatif jauh. 

"Biasanya seperti tahun-tahun kemarin, kebanyakan sopir dengan rute jauh yang lebih rentan menggunakan narkoba sebagai doping. Misalnya sampai memakan waktu hingga 3 hari diperjalanan," ujarnya. 

Sementara itu pantauan di lapangan, hingga saat  ini volume kendaraan khususnya dari luar kota yang melintasi ruas Jalan Lintas Timur masih terbilang normal. (old)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close