Waspada, di Prabumulih Banyak Makanan Mengandung Formalin


Arie Perdana Putra 2018-05-31 19:00:01 Prabumulih 86 kali

Petugas BBPOM sidak para pedagang

PRABUMULIH, Kabar28.com,- Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang melakukan sidak para pedagang takjil di kawasan Jalan Padat Karya, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Kamis (31/5/2018) sore. 

Sidak itu bertujuan sebagai intensifikasi pengawasan pangan selama bulan Ramadhan, sedikitnya ada puluhan sampel makanan yang diperoleh dari sejumlah pedagang. Mulai dari tahu, mie basah, cincau, dawet dan sejumlah makanan jadi atau takjil tak luput dari pemeriksaan petugas. 

Kepala BBPOM Palembang, Dewi Prawitasari mengatakan, dari hasil sidak pihaknya menemukan beberapa makanan yang mengandung zat berbahaya. "Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata masih ada makanan yang mengandung formalin. Zat berbahaya itu terdapat pada tahu putih, cincau dan mie basah," katanya kepada wartawan.

Tidak hanya itu sambungnya, ada juga pedagang yang menjual kue kering mengandung Rodhamin B atau pewarna kertas. "Ada juga yang mengandung pewarna kertas, tentu ini sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat yang mengkonsumsinya," jelasnya. 

Ia berharap sebelum membeli agar masyarakat dapat dengan teliti melakukan pengawasan. "Tadi kita juga memberikan pemahaman kepada masyarakat, mengenai ciri fisik makanan yang mengandung zat berbahaya. Contohnya makanan yang mengandung formalin, ciri fisiknya agak lebih keras dan kenyal dibanding yang tidak menggunakan formalin," jelasnya. 

Tidak hanya dari Balai Besar POM saja, namun sidak itu juga melibatkan Dinas Kesehatan Kota Prabumih. (old)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close