Bulog Pastikan Stok Beras di Sumsel Aman


Arie Perdana Putra 2018-05-30 14:44:55 Palembang 45 kali

PALEMBANG, Kabar28.com,- Jelang persiapan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri di Provinsi Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang, Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) tinjau Pasar Lemabang dan gudang penyimpanan beras Bulog di KM 9, Rabu (30/5/2018).

Ketua Komisi IV DPR RI, H. Eddi Prabowo mengatakan, berdasarkan pantauan di gudang Bulog Karya Baru dari sisi tempatnya bagus dan bersih, kalau dilihat berasnya sesuai dengan target Sumsel cukup untuk 3 bulan lebih. "Ini pengadaan yang aman selama tiga bulan lebih. Seperti biasa untuk pengadaan tidak pernah ada masalah di Sumsel, memang beberapa keluhan ada dari daerah-daerah beberapa Kecamatan, beras yang diterima kurang baik. Itu mungkin karena pengawasan di lapangan kurang, mungkin karena penyimpanan yang terlalu lama," ucapnya.

Kepala Divre Bulog Sumsel Babel, Yusuf menjelaskan, stock beras di Sumsel saat ini ada 2.800 ton yang bisa bertahan selama 6 bulan, berasal dari Vietnam sebanyak 3.000 ton, stock beras secara keseluruhan aman, karena stok Beras Bulog mencapai 22 Ribu Ton, oleh sebab itu, ketahanan stok yang sebesar itu juga ternyata berdampak terhadap harga di tingkat konsumen. Tadi sebelum ke gudang melakukan kunjungan ke pasar Lemabang, dilakukan pengecekan terhadap komoditi-komoditi pangan dan bahan pokok lainnya.

"Harga yang masih sangat stabil seperti beras dan ayam tadi juga masih stabil, di dalam pasar ditemukan beras dengan harga Rp 9.000 dan Rp 8. 900 dengan kualitas medium, yang tentunya itu jauh di bawah harga HET 9.450 perkilogram. Beras yang ada di gudang Bulog adalah beras baru masuk baru masuk tiga mingguan lalu yang dari Vietnam, kita mempunyai misi jangan sampai masyarakat kemahalan beli beras," ujarnya. (ant)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close