KPU Prabumulih Lipat Surat Suara Pilkada, Ini Jumlahnya


Arie Perdana Putra 2018-05-29 13:21:09 Prabumulih 42 kali

Petugas sedang melakukan pelipatan suarat suara

PRABUMULIH, Kabar28.com,- Jelang pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih pada 27 Juni mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Prabumulih mulai melakukan pelipatan surat suara, kemarin.

Ketua KPU Kota Prabumulih M Takhyul mengatakan, sedikitnya ada sekitar 131.033 surat suara yang akan dilipat oleh petugas. Jumlah tersebut sudah termasuk tambahan 2,5 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT). "Sebelum dilipat surat suara ini kita periksa terlebih dahulu, apakah ada surat suara yang rusak atau cacat," katanya kepada media.

Menurut Takhyul, biasanya kerusakan suarat suara itu biasa terjadi. Surat suara tersebut kerap mengalami kerusakan antata lain, ada bercak tinta, berlubang hingga warna atau gambar yang tidak sesuai. "Kita tekankan kepada petugas untuk teliti dalam melakukan pemeriksaan, jangan sampai surat suara yang cacat itu terdistribusikan atau digunakan dalam pemilukada nanti," jelasnya. 

Selain itu Era Hustri Divis Logistik KPU prabumulih mengatakan, pelipatan suarat suara ini dilakukan oleh 40 petugas dan dibagi dalam dua tim. Petugas sendiri berasal dari pegawai KPU.

"Dalam satu tim ada 18 orang, dan kita targetkan selesai pada 31 Mei nanti. Setiap surat suara yang selesai dalam satu dus akan dibuatkan berita acaranya, "papar Era. 

Sejauh ini, sambung Era sudah terdapat 80 lembar surat suara yang dinyatakan tidak sah. Surat suara yang tidak sah akan dimusnahkan. "Surat suara yang tidak sah ini ditemukan dalam 12 dus yang telah dilipat. Sebagai gantinya akan kita buat berita acara penambahan ke percetakan. Namun jika total keseluruhan sudah pas dengan jumlah DPT maka tidak perlu lagi dilakukan penambahan," jelasnya. 

Suara yang telah dilipat kemudian disimpan digudang penyimpanan awal yang disaksikan oleh tiga instansi yakni KPU, Panwaslu dan Polres Prabumulih. (old)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close