Pengaruh Pembayaran THR dan Gaji 13 PNS di Papua


Mutiara Safitri 2018-05-29 11:14:46 Nasional 38 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Jayapura, Kabar28.com,- Bank Indonesia perwakilan Provinsi Papua memprediksi kenaikan permintaan uang dari masyarakat Papua pada Ramadhan 1439 Hijriyah meningkat hingga 51 persen dari tahun sebelumnya. Pengeluaran mencapai Rp 2,14 triliun,  dan tahun ini Bank Indonesia menyiapkan uang hingga Rp3,03 triliun.

Prediksi ini diduga karena adanya pembayaran gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR), serta kebutuhan pengisian uang pada Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Joko Supratikto menyebutkan permintaan kenaikan uang pecahan besar mencapai 54 persen dan untuk uang pecahan kecil diprediksi mencapai 23 persen. Uang pecahan kecil yang dimaksud adalah pecahan Rp 20 ribu ke bawah.

"Peningkatan kebutuhan uang  juga dikarenakan adanya pembayaran gaji 13 PNS serta THR dan pembayaran honor lainnya," kata Joko dalam keterangan pers Kesiapan BI menghadapi Idul Fitri di Papua, Senin (28/5/2018).

Dalam sistem pembayarannya, BI perwakilan Papua terus meningkatkan transaksi non tunai, melalui sistem real Time Gross Settlement (RTGS) maupun sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

"Tahun ini, pembayaran dengan sistem RTGS dan SKNBI di Papua juga diprediksi akan meningkat dengan aktivitas ekonomi warga jelang Lebaran, sertanya lamanya libur Lebaran tahun ini," Joko menambahkan.

Sumber : liputan6.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close