Bukan Cuma Kopi, Ini 5 Alasan Tak Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari


Lia Cikita 2018-05-28 21:51:16 Gaya Hidup 314 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Kabar28.com, - Setelah lelah seharian beraktivitas, baik itu bekerja, kuliah, sekolah, ataupun jenis kegiatan yang lainnya. Siapa sih yang tidak ingin tidur nyenyak dan berkualitas saat di malam hari?

Namun sayangnya, bagi sebagian orang mendapatkan tidur pulas dan berkualitas di malam hari adalah hal yang cukup sulit untuk diperoleh walau kondisi tubuh sudah lelah dan bahkan bergonta-ganti posisi tidur sepanjang malam.

Sederet faktor bisa menjadi alasan penyebab terjadinya kondisi yang dijelaskan di atas. Apa saja sebenarnya alasan yang membuat diri sulit tidur pulas atau kerap terbangun di tengah malam? Menyitat Popsugar, Senin (28/5/2018) berikut lima alasan yang dijelaskan oleh Terry Cralle, RN, selaku perawat yang terdaftar sekaligus clinical sleep educator bersertifikat di The Better Sleep Council.

Belum cukup mengurangi asupan kafein

Jika memiliki jam kerja normal 9-5, sebaiknya beralih lah dari minuman kafein ke minuman yang tidak mengandung kafein saat waktu makan siang. Cukup sulit memang untuk dilakukan, namun perlu diketahui kafein yang masuk sejatinya tetap berada di dalam sistem tubuh sepanjang hari. Pendek kata, jika tergantung pada kafein sepanjang hari maka orang tersebut tidak akan mendapatkan tidur yang cukup.

Minum alkohol

Meminum segelas minuman wine sebelum tidur mungkin akan bisa membuat tidur, tapi tipikal minuman beralkohol akan membuat Anda melalui malam tanpa istirahat. Sekali terbangun, maka disebutkan akan terjaga dalam waktu yang cukup panjang, hingga akhirnya mempengaruhi kualitas tidur malam. Mengonsumsi minuman alkohol mendekati waktu tidur disebutkan Terry akan mengganggu tidur, dan kemudian bisa menyebabkan terfragmentasi. Lalu masuk dalam lingkaran setan terlalu banyak mengonsumsi kafein di siang hari, dan meditasi diri dengan minuman alkohol di malam hari. Kemudian bangun di pagi hari dengan kelelahan, yang akhirnya menuntut lebih banyak asupan kafein.

Kondisi ranjang

Perhatikan kualitas ranjang alias kasur beserta set guling bantal yang dimiliki. Mengingat kita menghabiskan sepertiga hidup kita dengan tidur, maka berinvestasi dengan ranjang, bantal dan guling yang bagus dan berkualitas itu penting adanya. Ranjang yang nyaman disebutkan Terry sangat terasa perbedaannya. Tidur baik dan berkualitas sama dengan bangun yang baik dan berkualitas pula.

Lingkungan tidur

Terkadang hanya memiliki tempat tidur yang sudah super nyaman belumlah cukup. Sebab, penting juga untuk mempertimbangkan bagaimana Anda memanfaatkan ruang kamar tidur. Terry menyarankan untuk berpikir bahwa kamar tidur kita ada “suaka” untuk tidur. Jauh dari alat-alat olahraga dan juga kekacauan. Seperti bagaimana kita mengoptimalkan kantor untuk produktivitas dan fokus bekerja.

Batasi semua aktivitas kamar tidur lainnya untuk tidur dan bercinta. Jauhkan sebanyak mungkin cahaya dari ruangan di malam hari (semakin gelap, semakin baik) dan bahkan pertimbangkan untuk mengecat dinding kamar dengan warna yang menenangkan. Selain itu, perihal mempertimbangkan hewan peliharaan untuk tidur bersama di satu kamar atau tempat tidur juga bisa menjadi faktor lainnya.

Kemungkinan punya masalah gangguan tidur 

Agar bisa mengidentifikasi alasan mengapa tidur kerap terganggu. Coba rekam kualitas tidur ke dalam buku harian tidur segera setelah bangun di pagi hari. Atau, jika memiliki pelacak tidur (sleep tracker), coba lihat progress selama dua minggu. Dikatakan Terry, gangguan tidur sendiri terdapat lebih dari 88 buah gangguan, dan kebanyakan orang mengabaikan masalah tidur tanpa menyadari betapa pentingnya tidur bagi kesehatan.

Terry menambahkan, penting bagi orang-orang untuk menyadari bahwa masalah soal tidur itu penting dibahas di setiap penyedia layanan kesehatan, sebab hal ini penting dan mendasar bagi kesehatan. Jika dokter Anda tidak mengungkitnya, maka Anda lah yang harus mengangkat dan memulai pembahasan.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close