TNI dan Polisi Bersatu Ciptakan Keamanan Umat Beribadah


Arie Perdana Putra 2018-05-28 15:15:58 Palembang 69 kali

Personel TNI/Polri usai pengamanan Gereja

PALEMBANG, Kabar28.com,- Guna memberikan pelayanan pengamanan kepada masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah, personel Koramil 418-02/Pakjo bersama Polsek Ilir Barat I, Palembang kawal kebaktian rutin di tiga Gereja, kemarin.

Kegiatan pengamanan tempat ibadah ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Nasrani yang melakukan ibadah, terlebih pasca adanya ancaman teror bom yang terjadi di tiga Gereja terpisah di Surabaya yang mengakibatkan 10 orang korban dan 4 orang terluka. Sejak insiden bom di Surabaya ini, kami dari Koramil 418-02/Pakjo bekerja sama dengan pihak Polri melakukan pengamanan ibadah di Gereja-Gereja dalam wilayah Kecamatan Ilir Barat I Palembang.

Danramil 418-02/Pakjo, Kapten Inf Fariq Abduh menjelaskan, pengamanan dilakukan bersama anggota Polsek Ilir Barat I di Gereja itu, untuk memberikan rasa aman serta mencegah munculnya hal-hal yang tidak diinginkan yang mengganggu Kamtibmas.

"Pengamanan dilakukan dengan melakukan sterilisasi Gereja oleh petugas dari Koramil 418-02/Pakjo dan Polsek Ilir Barat I yang disaksikan oleh pengurus Gereja. Walaupun wilayah kami aman dan kondusif, tetap kita berikan pelayanan dan pengamanan  bagi mereka umat nasrani untuk menjalankan ibadahnya,'' jelasnya.

Menurutnya, peningkatan status pengamanan ini dilakukan menyusul terjadinya aksi teror disejumlah Gereja di Surabaya. ''Pasca ledakan bom di sejumlah Gereja di Surabaya, kami diintruksikan oleh pimpinan untuk meningkatkan pengamanan di tempat-tempat ibadah dan keramaian masyarakat, termasuk di Gereja yang ada di wilayah tanggung jawab Koramil 418-02/Pakjo,'' ujarnya.

Disebutkannya, selain pengamanan Gereja, anggota Koramil 418-02/Pakjo juga dihimbau untuk intensifkan patroli malam bersama. ''Kami juga diintruksikan untuk giat melakukan patroli. Apalagi ini bulan Ramadan, kenyamanan kepada masyarakat menjadi prioritas,'' pungkasnya.

Adapun gereja yang menjadi obyek pengamanan yaitu, Gereja Katedral Santa Maria, Gereja Sidang Jamaat dan Gereja Penyebaran Injil. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close