Harga Sawit Turun, Petani Minta Pemerintah Awasi ke Lapangan


Arie Perdana Putra 2018-05-28 15:01:38 Ogan Ilir 81 kali

Sawit usai dipanen siap dijual. (Dariyus)

INDRALAYA, Kabar28.com,- Sejumlah petani sawit di Kabupaten Ogan Ilir (OI) mengeluhkan harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit yang berangsung-angsur turun dari Rp1.250 per kilogram menjadi Rp1.200 per kilogram.

Salikin, petani sawit warga Ulak Kerbau Lama mengaku, minggu kemarin harga TBS masih Rp1250 per kilogram, jadi saat ini harga yang kami terima Rp1.200 per kilogram.

"Penurunan harga ini terjadi dalam sepekan terakhir, kita hanya mendapat keterangan dari pengumpul bahwa penurunan harga TBS berkaitan dengan bulan Ramadan," kata dia.

Para petani kata Salikin, hanya pasrah dan menerima harga yang ditetapkan pengumpul, sebab bila ditolak maka sawit yang sudah dipanen tidak terjual dan membusuk.

"Apalagi sawit berbeda dengan karet, kalau sawit tidak dipanen akan merusak batangnya, beda dengan karet yang bisa ditahan tidak disadap," ujarnya.

Salikin berharap, pemerintah mengawasi penerapan harga TBS hingga ke lapangan. "Sebab para petani mendapatkan informasi bahwa harga terendah TBS sudah ditetapkan pemerintah bersama pengusaha sawit," harapnya. (drs

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close