Bantu Lunasi Utang Negara, Anggota Parlemen Malaysia Donasikan Gaji


Lia Cikita 2018-05-26 18:46:22 Internasional 84 kali

Seorang anggota parlemen Malaysia yang mewakili wilayah Teluk Intan, Nga Kor Ming, mendonasikan gaji pertamanya ke Kementerian Keuangan. (foto:istimewa)

Kuala Lumpur, Kabar28.com - Seorang anggota parlemen Malaysia yang mewakili wilayah Teluk Intan, Nga Kor Ming, mendonasikan gaji pertamanya ke Kementerian Keuangan. Ini untuk membantu pelunasan utang negara yang ditinggalkan pemerintahan sebelumnya yang dipimpin mantan Perdana Menteri (PM) Najib Razak. 

Seperti dilansir media Malaysia, Sabtu (26/5/2018), gaji bulan pertama Nga sebagai anggota parlemen Malaysia yang disumbangkan berjumlah 16 ribu ringgit (Rp 56,4 juta). Nga adalah anggota parlemen dari Partai Tindakan Demokratik atau DAP, yang merupakan anggota koalisi Pakatan Harapan yang dipimpin PM Mahathir Mohamad. 

"Beberapa hari lalu, negara ini dibuat terkejut setelah Kementerian Keuangan merilis pernyataan soal utang nasional yang telah mencapai 1,08 triliun ringgit (Rp 3.837 triliun)," ucap Nga kepada wartawan di markas DAP. 

"Pemerintahan baru Pakatan Harapan diwarisi beban berat untuk melunasi utang ini. Jadi, sebagai bagian saya dalam membantu negara, saya mendonasikan gaji bulan pertama saya sebagai bentuk solidaritas dan patroitisme," terang Nga.


"Untuk melunasi (utang) uang sebesar itu tidak akan mudah, karena setiap warga, termasuk bayi yang baru lahir dan orang-orang penyandang disabilitas, harus menanggung 32 ribu ringgit (Rp 112,9 juta)," sebutnya. 

"Ini karena pencucian uang dan pengelolaan yang buruk oleh pemerintahan sebelumnya," imbuh Nga.

Diungkapkan Nga bahwa dirinya memutuskan untuk mendonasikan gajinya karena dia yakini pemerintahan yang baru di bawah PM Mahathir akan menggunakan uang ini untuk tujuan baik. 

Nga bukan satu-satunya anggota parlemen Malaysia yang mendonasikan gaji ke Kementerian Keuangan. Anggota parlemen wilayah Batu Gajah, V Sivakumar dan anggota parlemen wilayah Ipoh Timur, Wong Kah Woh, juga berjanji akan mendonasikan separuh dari gaji bulan pertama mereka, sekitar 8 ribu ringgit (Rp 28,2 juta), untuk membantu melunasi utang negara. 

Pada Kamis (24/5) waktu setempat, Menteri Keuangan Malaysia, Lim Guan Eng, mengungkapkan bahwa utang dan kewajiban pemerintah federal Malaysia total mencapai angka 1,087 triliun ringgit atau setara Rp 3.837 triliun. Jumlah itu mencapai sekitar 80,3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Malaysia per 31 Desember 2017. 

sumber:detik.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close