Ini 5 Makanan untuk Cegah Susah BAB di Bulan Puasa


Lia Cikita 2018-05-22 20:57:09 Kesehatan 39 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Kabar28.com, - Selama puasa mungkin orang kerap mengeluh perut mulas atau sulit buang air besar. Itu akibat dari kebiasaan tidak mengontrol makanan saat sahur dan buka puasa.

Sebenarnya, masalah ini dapat dicegah dengan memilih sumber makanan bernutrisi, yang identik bisa melancarkan sistem pencernaan. Misalnya sayuran hijau, yoghurt, perbanyak minum air putih dan sebagainya.

Di sela buka atau sahur, kamu bisa mengonsumsi salah satu dari daftar makanan yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Apa saja kira-kira?

Aneka jenis kacang-kacangan

Hampir semua produk kacang-kacangan mengandung tinggi serat, sumber protein dan rendah lemak. Jika di malam hari sempatkan ngemil aneka kacang, seperti kacang mete, almond, kacang polong, dan lainnya pasti mudah melawan serangan gangguan sistem pencernan. Terlebih kalau kamu suka masak tumis sayuran dari buncis atau kacang panjang. Nikmat sekali rasanya!

Meski sedang puasa, dijamin tidak ada keluhan sulit buang air besar dan lainnya. Penelitian yang dipublikasikan di Nutrition Journal menunjukkan, orang yang gemar ngemil kacang bahkan bisa mencegah perut kembung atau mengeluarkan gas berlebihan yang jelas mengganggu.

Yoghurt

Semangkuk yoghurt mengandung bakteri baik yang ramah di perut. Selama Ramadan, coba makan yoghurt sebagai menu pencuci mulut atau di sela makan sahur. Peneliti Dr Moses dari University of Vermont College of Medicine di Burlington menyebutkan, sejak kecil anak-anak biasakan makan yoghurt karena khasiatnya bisa melancarkan usus dan mencegah kamu kena sembelit.

Aneka jenis ikan

Manfaat dari minyak ikan tidak hanya baik untuk organ hati, tetapi juga untuk saluran pencernaanmu. Untuk memulai, tambahkan ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan mackerel dalam dietmu. Sebab, semua makanan yang baik untuk pencernaanmu, yang memudahkanmu melawan diare berlebihan yang bisa mengganggu puasa.

Jahe

Rempah jahe dikenal untuk menghangat perut atau bisa juga dimanfaatkan untuk obat sakit perut. Jahe merupakan suplemen alami yang juga membantu meredakan perut mual. Saat sahur, coba seruput teh jahe hangat. Minuman ini bisa menjadi pelumas bagi ususmu yang baik dampaknya.

Minum air putih

Meski tengah berpuasa, kamu tetap bisa mencukupi kebutuhan minum air putih di waktu buka puasa, malam hari, hingga waktunya sahur tiba. Minum air putih secara rutin merupakan tips ampuh melawan perut mulas dan membuat tubuhmu tetap terhidrasi. Tapi selama Ramadan, jauhi sementara aneka minuman berkafein dan soda. Minuman tersebut menjadi pemicu sakit maag dan bertindak sebagai diuretik, yang menyebabkan kehilangan cairan.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close