PLN dan Polda Sumsel Bersinergi Sukseskan Asian Games


Arie Perdana Putra 2018-05-16 22:47:40 Palembang 43 kali

Rakor Pam Obvit Kelistrikan

PALEMBANG, Kabar28.com,- PT PLN (Persero) dan Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan Objek Vital Ketenagalistrikan sebagai upaya mendukung Suksesi Asian Games 2018, Rabu (16/05/2018).

Dalam kesempatan ini setiap unit PLN dan Icon SBU Palembang menyampaikan paparan tentang lokasi-lokasi objek vital kelistrikan yang perlu pengamanan ketat Polda Sumsel selama berlangsungnya Asian Games dan Pilkada 2018.

GM PLN WS2JB, Daryono mengatakan, sub sistem Kota Palembang mempunyai Daya 821,8 MW, Beban Puncak 512 MW dan Cadangan sebesar 309,8 MW. 

"Saat ini kita sudah memperkuat sistem kelistrikan di Jakabaring Sport City (JSC) dengan total kapasitas daya 120 MVA, daya mampu Kit Backup isolated 48 MW dan Prediksi beban puncak JSC sebesar 20 MW," ujarnya.

Daryono juga mengungkapkan, PLN WS2JB telah melakukan simulasi/Gladi Kotor Kesiapan Sistem Kelistrkikan Asian Games 23-24 Maret 2018  dan tanggal 12-13 Mei 2018.

"Lokasi yang akan diamankan adalah Ring 1 antara lain, GI New Jakabaring, PLTG Jakabaring, GI Keramasan, PLTGU Keramasan, Kantor APD WS2JB, Aset Lokasi Venue (Genset & Trafo mobile) total 12 Venue (di Lokasi JSC), UPB SUMBAGSEL di Keramasan, Kantor sektor keramasan. Untuk Ring 2 terdiri dari GI Bungaran, GI Sungai Kedukan, GI Mariana, GI Borang, Kantor PLN WS2JB, Kantor PLN KIT SBS, GI Siguntang," terangnya.

Lanjutnya, saat ini PLN juga telah mempunyai SOP dan 552 Armada petugas untuk Li mendukung Sistem kelistrikan Asian Games 2018. Seperti di pusat kelistrikan Keramasan, Pusat listrik Indralaya dan Pusat listrik Borang, total daya mampu dari tiga pembangkit ini sebesar 461 MW.

"Selain itu PLTG Jakabaring, PLTGU Keramasan dan PLTD Sungai Juaro. Kekuatan satuan pengamanan akan menurunkan 108 petugas pengamanan, perlu diperhatikan juga pengamanan untuk transportasi BBM," ujarnya.

Infrastruktur ketenagalistrikan di bawah PLN Unit Induk Pembangunan Sumbagsel sebagai objek vital, lanjut Daryono adalah SUTT 150 kV Betung-Sekayu, SUTT 10 kV Marianan-Kayu Agung, SUTET 275 kV Betung-Aur duri, GI 150 kV Kenten, Jakabaring & Gandus dan GIS 150 kV Kota Barat (Demang Lebar daun) & GIS 150 kV Kota Timur (Boom Baru) serta SKTT 150 kV Gandus-Kota Barat-Kota Timur-Kenten.

"Objek vital lainnya dibutuhkan pengawalan utama dan pengamanan adalah Kantor UPB di Keramasan, karena di sini adalah ruang control pengatur beban yang mengatur pemakaian listrik dan menjaga kehandalan untuk Palembang dan Sumatera Selatan," jelasnya.

Daryono menambahkan, untuk Sarana Komunikasi Sistem Kelistrikan milik Icon Plus SBU Palembang, Icon menjamin kehandalan sistem telokomunikasi ketenagalistrikan secara virtual, lokasi objekvital yang perlu pengawalan antara lain, POP GI Siguntang, POP GI Keramasan, POP GI New Jakabaring, POP Kantor PLN APD dan POP Kawasan JSC.

"Dari Rakor dengan Polda ini telah disepakati kerjasama untuk pengamanan objek vital kelistrikan tersebut, dalam mendukung Asian Games. PLN dan Kepolisian akan selalu berkoordinasi selama Asian Games agar keamanan berjalan lancar," tutupnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close