Jelang Ramadan, Harga Daging Sapi Dijual Rp140.000/Kg


Mutiara Safitri 2018-05-16 14:53:30 Ekonomi 56 kali

Daging Sapi (Foto : istimewa)

Mandailing Natal, Kabar28.com,- Satu hari jelang Ramadan, harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional mengalami kenaikan. Misalnya di Pasar baru Panyabunga, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara harga daging sapi tembus Rp.140.000/Kg.

Hari ini dalam tradisi masyarakat Mandailing disebut Panaekkon pertama, di mana masyarakat mandailing dengan tradisi memasak daging untuk makan sahur di hari esoknya untuk hari Pertama puasa.

Salah seorang pedagang di Pasar Baru Panyabungan, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Madina, Rajab Said Nasution menyebutkan setiap satu hari sebelum Ramadan, harga daging sapi selalu meroket tinggi.

“Biasanya harga daging hanya Rp 80.000-Rp95.000/kg. Setiap memasuki Ramadan begini, permintaan meningkat terus, jadi harga daging sapi pun selalu naik,” sebut Said.

Mengingat kondisi harga daging sapi tersebut, si pembeli pun mau tidak mau harus menebus harga daging sapi yang kini sudah bertahan di Rp.140.000/kg karena sudah kebutuhan dan tradisi.

"Memang ada juga yang mengeluh para pembeli saat menanyakan harga daging sapi saat ini sudah bertahan di Rp140.000/kg, jadi mau tidak mau si pembeli banyak yang beli setengah kilo, mungkin karena keadaan ekonomi masyarakat saat ini merosot" tambahnya.

Melihat ekonomi warga Mandailing yang kian merosot, ini juga akibat turunnya harga getah karet, di mana warga Madina yang rata2 penghasilannya dari kebun karet.

“Bagaimana kita tidak mengeluh pak, harga bahan pokok semua sudah naik khususnya saat ini daging sapi dengan harga Rp140.000/kg, sedangkan penghasilan kita dari karet yang saat ini harganya cuma Rp7.000/kg-nya" tutur si pembeli daging sapi itu, Marlina Hasibuan (29), Warga kelurahan Kotasiantar Panyabungan.

Marlina juga mengatakan, biasanya dia belanja daging setiap hari panaekkon puasa Ramadan selalu beli daging 1 kg untuk di masak bersama keluarga di rumah, karena harga yang saat ini sudah melambung tinggi, dirinya terpaksa membeli setengah kg saja.

"Saya kan mau belanja kebutuhan lainnya, takut kekurangan uangnya, terpaksa deh saya beli daging sapinya setengah kg saja, saya harap pemerintah pusat segera memperbaiki ekonomi rakyat kecil ini, terutama harga karet itu di naikkan jangan harga sembako saja yang di naikkan," katanya.

Sumber : sindonews.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close