63 Siswa-siswi SDN 17 Tanjung Batu Angkatan 42 Dilepas


Arie Perdana Putra 2018-05-14 11:51:21 Pendidikan 67 kali

Kepala Sekolah foto bersama siswa-siswi dan wali murid yang lulus SMPN 1 Tanjung Batu tanpa test. (app)

INDRALAYA, Kabar28.com,- 63 Siswa-siswi SDN 17 Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI) ikuti pelepasan angkatan ke-42 tahun ajaran 2017-2018, di lapangan SD setempat, Senin (14/5/2018).

Tak hanya menggelar pelepasan bagi siswa-siswi kelas VI, SD yang terletak di Desa Tanjung Atap Barat ini juga menggelar pelepasan bagi tiga orang tenaga pendidik yang sudah tidak bertugas lagi di SD tersebut.

Tiga orang tenaga pendidik tersebut ialah M. Husin sebelumnya adalah Kepala SDN 17 Tanjung Batu, Siti Aisyah saat ini menjadi Kepala SDN 21 Tanjung Batu, dan Firdaus sekarang bertugas di SDN 02 Tanjung Batu.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut, diawali dengan penampilan berbagai tarian, paduan suara serta pembacaan ayat suci Al Qur'an dan sari tilawah dari siswa-siswi SD setempat, yang menambah semarak dan meriahnya acara rutin tahunan sekolah ini.

Setelah itu, dilaksanakan penyerahan bingkisan sebagai kenang-kenangan kepada mantan Kepala Sekolah dan guru-guru yang pernah bertugas di sekolah tersebut, dan penyerahan piagam kepada siswa-siswi kelas VI.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Tanjung Batu, Haryadi, S.Pd berharap, siswa-siswa kelas VI SDN 17 Tanjung Batu dapat lulus, dan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik SMP maupun MTs.

"Wajib bagi anak-anak untuk melanjutkan pendidikan baik SMP maupun MTs, karena anak-anak wajib mengikuti pendidikan 9 tahun, setelah belajar di SD wajib belajar dilanjutkan ke SMP ataupun MTs," katanya.

Dalam kesempatan itu juga, Haryadi mengucapkan terimakasih kepada wali murid dan masyarakat Tanjung Atap maupun Tanjung Atap Barat yang telah berkontribusi membantu proses penyelenggaraan pendidikan di SDN 17 Tanjung Batu.

"Karena proses penyelenggaraan pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan juga tanggung jawab masyatakat dan wali murid, dan silahkan bagi masyarakat ataupun Kepala Desa yang mempunyai kelebihan dana untuk membantu sekolah ini," ucapnya.

Kepala SDN 17 Tanjung Batu, H. Su'adi mengatakan, acara pelepasan tersebut sengaja digelar secara meriah. Karena menurutnya, seakan tak berkesan jika selama enam tahun anak-anak belajar, lalu dilepas begitu saja tanpa ada perayaan apapun.

"Untuk itu hari ini kita gelar acara pelepasan secara meriah seperti ini, agar mempunyai kenangan dan kesan bagi para guru dan anak-anak yang dilepas," katanya.

Dalam kesempatan itu juga dirinya mengucapkan terimakasih kepada pak M. Husin, pak Firdaus dan ibu Siti Aisyah yang telah berkontribusi memberikan ilmu yang dimiliki kepada anak didik selama bertugas di sekolah tersebut.

"Terimakasih kepada bapak dan ibu yang pernah bertugas di sini, sudah berkontribusi memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didiknya di sini, kami ucapkan selamat bertugas di tempat yang baru," ucapnya.

Lanjut H. Sua'adi, dari 63 siswa-siswa kelas VI, terdapat 9 orang yang diterima di SMPN 1 Tanjung Batu test. Dirinya menghimbau, agar anak-anak yang tak lulus di SMP Negeri dapat melanjutkan pendidikan di SMP lain ataupun MTs.

"Tak harus sekolah di SMPN 1 Tanjung Batu, sekolah di SMP lain atau MTs juga bagus, sekolah di swasta juga mutunya tak kalah bagus dari sekolah negeri, karena pada dasarnya semua sekolah itu sama mutunya dan sama tujuannya untuk mencerdaskan anak bangsa," jelasnya.

Perwakilan siswa-siswi kelas VI, Jundi Lamtara dalam kesempatan tersebut mengucapakan terimakasih atas jasa para dewan guru yang telah mendidik, dan mengajarkan ilmu pengetahuan selama enam tahun menempuh pendidikan di sekolah tersebut.

"Semoga ilmu yang kami miliki ini dapat berguna, terimakasih kepada dewan guru yang telah mendidik dan mengajari kami berhitung, membaca dan memberikan ilmu pengetahuan lainnnya yang dapat bermanfaat bagi kami," katanya.

Hadir dalam kesempatan itu Kacabdin Dikbud Kecamatan Tanjung Batu beserta Pengawas TK/SD, Kepala SDN 03, 04, 16 dan 21 beserta dewan guru serta wali murid dan Komite Sekolah. (app)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close