Ternyata Daun Salam Berguna untuk Kesehatan, Salah Satunya Jantung


Lia Cikita 2018-05-11 18:06:27 Kesehatan 35 kali

Daun salam (Foto : istimewa)

Kabar28.com, - Daun salam selama ini dikenal oleh masyarakat, khususnya perempuan sebagai bumbu dapur penyedap masakan. Tidak banyak orang yang tahu daun yang memiliki nama Inggris bay leaves ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia.

Sederet manfaat luar biasa tersebut bahkan tidak pernah akan Anda duga sebelumnya. Melansir dari laman Organic Facts, Jumat (11/5/2018), berikut manfaatnya yang bisa Anda rasakan.

1. Memperbaiki pencernaan

Daun salam memiliki efek yang sangat kuat pada sistem gastrointestinal. Mampu merangsang buang air kecil, menurunkan toksisitas tubuh, dan merangsang tubuh untuk muntah ketika ada sesuatu yang beracun tidak sengaja masuk ke dalam tubuh.

Senyawa organik yang ditemukan pada daun salam juga efektif untuk menenangkan perut yang sakit, menenangkan sindrom iritasi usus, dan mengurangi gejala penyakit celiac. Tidak cukup sampai di situ saja, protein yang terkandung cukup kompleks di dalamnya juga bisa membuat nutrisi terserap secara efisien.

2. Melancarkan pernapasan

Minyak daun salam yang diekstraksi bisa dicampur ke dalam salep dan dioleskan pada dada untuk meringankan berbagai kesulitan pernapasan. Cara lainnya, daun salam bisa dijadikan tapal dengan menempelkannya selama semalaman pada dada. Menghirup uap dari daun salam pun mampu memberikan efek mirip dengan aromaterapi, dapat melonggarkan dahak, menghilangkan bakteri berbahaya yang mungkin terperangkap dalam saluran pernapasan, karena daun salam punya antibakteri alami.

3. Perawatan rambut

Perawatan rambut alami bisa didapatkan dari memanfaatkan daun salam. Untuk meningkatkan kesehatan folikel rambut dan menghilangkan ketombe, caranya rendam daun salam di air, lalu gosokkan pada kulit kepala setelah keramas. Bahan kimia alaminya akan membantu menghilangkan kulit kering dan ketombe Anda.

 

4. Anti peradangan

Salah satu manfaat terpenting dari daun salam ialah kemampuannya yang bisa mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Kandungan daun salam yang memiliki fitonutrien unik disebut parthenolide dapat dengan cepat mengurangi peradangan dan iritasi, oleskan ke daerah yang sakit atau terkena arthritis, atau bisa juga dengan mengonsumsi daun salam yang dijadikan bumbu masakan.

 

5. Melindungi kesehatan jantung

Senyawa organik berupa asam caffeic dan rutin yang dimiliki daun salam mampu meningkatkan kesehatan jantung. Rutin dapat memperkuat dinding kapiler jantung dan ekstremitas tubuh, sementara asam caffeic dapat membantu menghilangkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close