5 Tips Belanja Online biar Enggak Kena Tipu


Lia Cikita 2018-05-09 18:07:24 Tips 100 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Kabar28.com, - Belanja di situs online membuat orang merasa lebih praktis dan menyenangkan. Apalagi saat Ramadan tiba, siapapun akan sulit menahan godaan untuk merodoh kocek untuk membeli barang incaran.

Sifat konsumtif seseorang selama Ramadan diklaim lebih meningkat. Anda pasti sering mengeluh saat mengakses situs daring ketika ingin berbelanja. Akibatnya, jadi lebih malas memilih-milih barang dan gagal berbelanja.

Hal ini bisa diatasi, sehingga Anda lebih tetap nyaman berbelanja dan lebih puas. Country Brand Manager Rezki Yanuar berbagi tipsnya jika ingin puas berbelanja lewat situs daring. Ini dia lima ulasannya, Rabu (9/5/2018)

Tentukan barang yang ingin dibeli

Ketika hendak berbelanja, Anda pasti sudah menentukan barang apa yang akan dibeli. Agar lebih mudah, Anda harus membuat daftar belanjaannya lebih dulu. Lalu, buka situs daring favorit dan pilih barang berdasarkan kategorinya. Misalnya, saat ingin berbelanja pakaian anak, pilih berdasarkan merek, harga termurah sampai termahal, jenis barang khusus anak dan lain sebagainya.

Sudah paham harga rata-rata

Saat ini banyak situs belanja yang memberdayakan reseller untuk menjual barangnya. Terkadang meski ada satu jenis barang yang sama-sama dijual di lapak berbeda, harganya tidak sama. Karenanya, Anda harus oaham dengan rata-rata harga yang ditawarkan, supaya membeli barang incaran itu tidak terlalu kemahalan.

Cek profil seller

Hal terpenting yang harus diingat ketika akan berbelanja online yakni harus tahu profil penjualnya. Jangan sampai Anda terkecoh dengan penjual gadungan yang membuat akun di suatu situs belanja online. Di setiap situs belanja orang, kira-kira ada lebih dari 500.000 penjual. Tapi ada penjual yang serius atau malah menipu Anda dalam banyak hal.

Pilih metode pembayaran sesuai keinginan

Setiap situs belanja online menyediakan cara pembayaran yang tidak merepotkan. Anda bisa memilih metode pembayaran sesuai keinginan, misalnya dengan kartu debit, kartu kredit, atau membayar cash saat barang dikirim.

Perhatikan waktu saat ingin berbelanja

Selama Ramadan, orang lebih suka merogoh kocek untuk belanja. Termasuk membeli barang di situs daring karena lebih praktis. Karena ada lonjakan, pasti saat mengakses website terasa lebih lambat. Perhatikan waktu yang tepat saat ingin berbelnja. Misalnya di pagi hari, jam makan siang atau malam hari saat Ramadan nanti. Terlebih, sebuah situs belanja menyediakan promo diskon yang tak biasa atau flash sale yang pasti membuat Anda lebih hemat.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close