Kulit Kamu Dehidrasi? Kenali Cara Mengatasinya


Lia Cikita 2018-05-08 20:44:33 Kesehatan 56 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Kabar28.com, - Banyak orang yang tidak begitu sadar bahwasanya kulit, baik kulit di tubuh ataupun wajah juga termasuk dalam kategori organ tubuh. Kulit, sebagai organ tubuh paling luar dan paling besar ini tidak disadari dalam sehari-hari juga tidak luput mengalami apa yang namanya dehidrasi.

Banyak orang yang sering salah kaprah soal dehidrasi kulit dengan kulit kering. Padahal, kulit yang dehidrasi dengan kulit kering adalah dua kondisi kulit yang berbeda.

Kulit kering adalah kondisi di mana kulit tidak memiliki minyak alami cukup. Biasanya, kulit kering ini jadi masalah kulit yang persisten. Sedangkan, dehidrasi kulit adalah kondisi kulit yang temporer, di mana kandungan pelembap yang biasanya terdapat di lapisan bawah kulit.

Ciri-ciri dehidrasi kulit yang bisa terasa, misalnya kulit akan terasa kaku kencang dan terlihat kasar di tampilan lapisan luarnya. Nah jika ini terjadi terus terhadap kulit Anda, berikut tujuh cara yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan dehidrasi kulit.

1. Eksfoliasi yang pas

Eksfoliasi atau pelepasan epidermis dari kulit atau lidah, telah membuat kulit bisa dehidrasi. Pemakaian untuk eksfoliasi pun dituding sebagai biang keladinya. Gantilah produk scrub untuk eksfoliasi dari yang berbahan kimia ke produk scrub yang lebih alami, misalnya minyak zaitun dan bubuk kopi.

Selain mengganti produk scrub, ubah juga intensitas waktu mengeksfoliasi untuk tidak perlu sesering mungkin. Begitu juga dengan gerakan memijat saat eksfoliasi, lakukan eksfoliasi dengan gerakan memutar pelan alih-alih menggosok kulit dengan keras.

2. Jangan sering-sering berenang

Salah satu alasan kenapa kulit mengalami dehidrasi ketika berenang, adalah karena kontak yang terlalu sering dengan klorin di dalam kolam renang.

Zat klorin yang sangat keras untuk kulit, dapat menyebabkan kulit kita menjadi dehidrasi. Tidak ada pilihan lain selain menjauhi kolam renang atau setidaknya mengurangi intensitas berenang.

3. Pasang humidifier di kamar tidur

Sirkulasi udara di rumah yang kering juga bisa membuat dehidrasi kulit loh! Salah satu solusinya bisa dengan menempatkan humidifier di kamar tidur Anda. Dengan ini maka kelembapan akan bisa kembali menguap di udara dan menolong kulit agar tidak menjadi dehidrasi.

4. Ganti sabun

Kebiasaan menggunakan sabun mandi dengan kandungan bahan-bahan yang keras untuk kulit, akan merusak kelembapan kulit bahkan menghilangkannya. Jika merasa kulit terlalu dan kaku setelah habis mandi atau membersihkan wajah, maka ini adalah saatnya untuk mengganti sabun tersebut dengan gentle cleanser.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close