PDIP Paling Loyal Dukung Kebijakan Jokowi, Lainnya Rendah


Mutiara Safitri 2018-05-04 11:22:35 Politik 59 kali

Jokowi (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,- PDIP Perjuangan dinilai sebagai partai politik yang paling loyal mendukung kebijakan pemerintah di bawah kepemimpinan Jokowi - Jusuf Kalla. Hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) memperlihatkan 58 persen responden menyatakan hal itu.

"Mayoritas responden menilai PDIP partai yang paling loyal atau setia dalam mendukung kebijakan-kebijakan Pemerintahan Presiden Jokowi," ujar Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi saat merilis hasil survei di kantor IPI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/5).

Menurut Burhanuddin, di urutan kedua terdapat Partai NasDem. Persentase partai pimpinan Surya Paloh tersebut mencapai 9 persen. Jauh lebih tinggi dibanding parpol yang masuk dalam koalisi pendukung pemerintah lainnya.

"Lima partai lain persentasenya di bawah empat persen. Golkar (3 persen), kemudian PKB (2 persen), Hanura dan PAN (1 persen) serta PPP (nol persen). Responden yang tidak menjawab atau menyatakan tidak tahu mencapai 26 persen," ucap Burhanuddin.

Lebih lanjut Burhanuddin menyatakan, sebanyak 46 persen responden menilai partai pendukung pemerintah harus mendukung semua kebijakan pemerintah tanpa syarat.

Sementara 28 persen menyatakan parpol pendukung pemerintah boleh mengambil sikap berbeda dengan keputusan pemerintah, termasuk soal masalah-masalah strategis.

Survei IPI dilaksanakan pada 25-31 Maret 2018 lalu dengan jumlah sampel 1200 responden. Margin of error lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden dipilih dengan metode multistage random sampling.

Populasi survei warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam Pemilu 2019. Yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Sumber : jpnn.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close