Waspada, Masalah Gusi Berhubungan dengan Kesehatan Jantung Anda


Lia Cikita 2018-05-02 19:46:40 Kesehatan 41 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Kabar28.com, - Beberapa gejala penyakit jantung antara lain nyeri dada dan kesulitan bernapas. Ternyata, dokter bisa mengetahui kondisi kesehatan jantung seseorang dengan cara melihat ke dalam mulut saja.

Dilansir Express, Rabu (2/5/2018), penyakit jantung koroner adalah salah satu penyakit yang menyebabkan kematian di Inggris dan di seluruh dunia, menurut NHS. Ini merupakan jenis penyakit kardiovaskular yang menggambarkan darah yang tersumbat di arteri.

Penyakit jantung biasanya disebabkan oleh penumpukan deposit lemak di arteri, yang mengganggu aliran darah di sekitar tubuh. Gejala penyakit jantung koroner termasuk nyeri dada, serangan jantung serta gagal jantung.

Dengan memeriksa gigi, dapat terlihat kemungkinan risiko penyakit jantung serta sejumlah kondisi kesehatan lainnya. Meski tampil cerah dan sehat, saat seseorang tersenyum dan terlihat giginya, ini bisa melihat tanda peringatan penyakit jantung.

Dokter menggunakan suatu cara untuk melihat jumlah plak yang terakumulasi pada gigi. Misalnya, pasien memiliki penumpukan plak di bagian bawah giginya. Tanpa pengobatan, penumpukan plak dapat berkembang menjadi penyakit gusi. Nah, penyakit gusi meningkatkan risiko sejumlah kondisi kesehatan, termasuk diabetes, stroke, dan penyakit jantung.

"Gambar menunjukkan ada pembangunan plak yang terakumulasi pada bagian permukaan luar dari gigi depan bagian bawah pasien," kata Dr Henry Clover, Chief Dental Officer di Simplyhealth.

Menurutnya, ini sesuatu yang sangat umum, yakni area yang mudah diabaikan atau dilewatkan ketika sikat gigi. Banyak orang merasa sulit mengarahkan sikat gigi di sekitar bibir bawah.

“Jika penumpukan plak yang tersisa, itu bisa menyebabkan penyakit gusi. Sementara banyak yang melihat ini sebagai masalah umum yang mudah diobati, itu sebenarnya telah bukti terkait dengan penyakit jantung, stroke, dan rheumatoid arthritis," jelasnya.

Apabila tidak diobati, penyakit gusi bisa berkembang menjadi peradangan kronis yang menyebabkan gigi tanggal. Menyikat gigi dengan benar dan menjaga gusi dapat mencegah serta mengobati penyakit gusi.

Ini juga akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan menurunkan risiko kondisi mematikan, termasuk penyakit jantung. Anda harus menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close