Belasan Makam Puyang di Desa Burai Masih Terawat dan Ramai Pengunjung


Arie Perdana Putra 2018-05-02 14:04:41 Ogan Ilir 356 kali

Makam Puyang Sang Darah Putih. (Foto: app)

INDRALAYA, Kabar28.com,- Hingga saat ini belasan makam puyang (leluhur) di Desa Burai, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI) masih terawat dan ramai dikunjungi para peziarah dari berbagai tempat.

Kepala Desa (Kades) Burai, Ferianto mengatakan, belasan puyang tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Padang, Sumatera Barat, Campang Tiga, OKU Timur dan Lampung Utara, Lampung serta daerah lainnya.

"Puyang-puyang ini berasal dari berbagai daerah yang dulunya pergi merantau ke desa ini. Beberapa nama puyang yang saya hafal seperti Puyang Darussalam, Tuan Said Malikus Saleh, Bang Tawi Sakti, Usang Gemuk, Pinang Koteh, Usang Ketip, Sindor Mato, Tamat Sari, Sang Darah Putih, Pangeran Aulia Ulumuddin, Putri Siti Zahara (Putri Rambut Panjang)," ujarnya.

Feri berharap, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas Pariwisata ataupun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bisa memperhatikan dan merawat makam-makam yang ada, agar tetap lestari dan bisa menjadi aset kebudayaan dan pariwisata di Bumi Caram Seguguk.

''Sudah saatnya pemerintah memperhatikan dan merawat makam-makam ini, agar aset budaya ini tak hilang sirna dengan sendirinya. Jika makam-makam ini terawat tentu, kelestariannya akan tetap terjaga dan bisa dikenang oleh para generasi penerus bangsa dan bisa juga menjadi aset sejarah,'' harapnya.  

Sementara, Juru Kunci Makam Puyang Tuan Said Malikus Saleh menambahkan, banyak para peziarah yang datang ke makam tersebut dengan berbagai maksud dan tujuan.

"Banyak peziarah yang datang ke sini (makam), terutama dari Campang Tiga, OKU Timur dan Lampung Utara. Alhamdulillah semua permintaan para peziarah yang datang ke sini terkabul," bebernya. (app)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close