Hadiri KTT ASEAN, Jokowi Bertemu Presiden Myanmar dan PM Vietnam


Lia Cikita 2018-04-28 16:11:20 Internasional 72 kali

Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Myanmar U Win Myint di Hotel Shangri-La, Singapura, Jumat sore 27 April 2018.(foto:istimewa)

Singapura, Kabar28.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Widodo menghadiri KTT ke-32 ASEAN yang digelar di Singapura, Sabtu (28/4/2018).

Berdasarkan rilis pers yang diterima dari KBRI di Singapura, selama di Singapura, Jokowi juga dijadwalkan menggelar dua pertemuan bilateral.

Pada Jumat (27/4/2018), Jokowi telah menerima kunjungan kehormatan dari Presiden Myanmar, U Win Myint.

Selain sebagai perkenalan dengan presiden baru Myanmar, pada kesempatan tersebut Jokowi turut menyampaikan keprihatinannya terhadap situasi kemanusiaan yang terjadi di Rakhine, serta dampaknya terhadap pengungsi Rohingya yang saat ini berada di kamp penampungan di Bangladesh.

Selanjutnya pada Sabtu (28/4/2018), Presiden Jokowi akan bertemu dengan Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc.

Menurut rilis KBRI, KTT ke-32 ASEAN di Singapura diawali rangkaian pertemuan seperti ASEAN Economic Community Council yang dihadiri Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita; ASEAN Ministerial Meeting dan ASEAN Coordinating Council yang dihadiri Menteri Luar Negeri Retno Marsudi; serta ASEAN Political Security Community Council (APSC) yang dihadiri Menko Polhukam Wiranto.

Dalam pidato pembukaan KTT ASEAN, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menyatakan pentingnya bagi ASEAN menemukan komitmen dan ruang kerja sama yang baru untuk mempertahankan peranan sentral organisasi yang telah berumur 51 tahun tersebut.

Sementara, Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Ngurah Swajaya mengatakan, KTT ke-32 ASEAN ini akan menghasilkan tiga dokumen utama, yaitu ASEAN Leaders’ Vision for a Resilient and Innovative ASEAN, ASEAN Leaders’ Statement on Cyber Security Cooperation dan Concept Note on ASEAN Smart Cities Network.

Dokumen ASEAN tersebut akan memuat komitmen peningkatan kerja sama ASEAN dalam berbagai aspek yang melibatkan ketiga pilar ASEAN yaitu, politik dan keamanan, ekonomi serta sosial budaya.

Dubes Ngurah menambahkan, KTT juga akan fokus meningkatkan kerja sama ekonomi dalam kerangka Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), mendorong finalisasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), mendorong inovasi pemanfaatan teknologi serta mempertahankan keamanan dan perdamaian di kawasan.

Tema yang diusung Singapura sebagai tuan rumah untuk KTT ASEAN ini adalah "Ketahanan dan Inovasi".

Turut hadir mendampingi presiden dalam pertemuan tingkat tinggi tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

sumber:kompas.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close