Utut Tak Setuju Pembentukan Pansus Tenaga Kerja Asing di DPR


Mutiara Safitri 2018-04-26 10:22:29 Nasional 52 kali

Utut Adianto (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,- Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto memberikan pandangannya soal wacana pembentukan Pansus Hak Angket Tenaga Kerja Asing (TKA) di DPR. Wacana itu muncul seiring penerbitan Perpres 20/2018 tentang Penggunaan TKA oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Saya kira belum perlu ya," ujar Utut di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Menurut Utut, masih banyak hal yang perlu dievaluasi dan dipahami dari Perpres TKA itu. Utut menyatakan dirinya dan pimpinan DPR lainnya segera membicarakan wacana ini secara serius. "Nanti kan perlu kita lihat dan kita evaluasi. Nanti saya lihat dan kita bicarakan dulu bersama pimpinan," sebut Utut. 

Wacana Pansus Hak Angket TKA ini awalnya dilontarkan Wakil Ketua DPR RI bidang Korpolkam Fadli Zon. Wakil Ketua DPR RI lainnya, Fahri Hamzah, mendukung wacana itu karena menganggap Perpres TKA diduga melanggar UU Ketenagakerjaan. Komisi IX DPR sebagai yang mengawasi langsung Kemenaker, mengaku siap menindaklanjuti wacana itu. 

Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mengatakan, langkah pihaknya diambil lantaran pemerintah dianggap tak serius menyikapi isu tenaga kerja asing ilegal. Padahal, kata Saleh, Panja TKA yang pernah dibentuk Komisi IX telah mengeluarkan rekomendasi, salah satunya berisi permintaan ke pemerintah untuk menyelidiki keberadaan TKA ilegal. Rekomendasi itu disebut tak dijalankan.

"Karena hasil rekomendasi Panja Komisi IX itu belum begitu diperhatikan, wajar jika kemudian ada yang ingin menaikkan fungsi pengawasan DPR ke level yang lebih tinggi dalam bentuk Pansus. Usulan ini saya kira serius, apalagi yang mengusulkan adalah pimpinan DPR," kata Saleh kepada wartawan, Jumat (20/4). 

Sumber : detik.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close