Sidang Putusan Asusila, Nasib Gatot Brajamusti Ditentukan Hari Ini


Lia Cikita 2018-04-24 17:32:26 Selebriti 41 kali

Sidang lanjutan kasus asusila yang menyeret Gatot Brajamusti (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,  - Sidang lanjutan kasus asusila yang menyeret Gatot Brajamusti akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (24/4/2018). Kali ini, sidang sudah memasuki pembacaan putusan dari Majelis Hakim. Dengan kata lain, nasib Gatot akan ditentukan dalam sidang kali ini.

"Iya, hari ini putusan yang asusila," ujar Achmad Rifai selaku kuasa hukum Gatot.

Diberitakan sebelumnya, Gatot Brajamusti dituntut 15 tahun penjara dan denda Rp 200 juta Rupiah subsider 1 tahun kurungan. Oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Hadiman, Gatot dianggap melanggar ketentuan Pasal 81 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Gatot Brajamusti dituntut 15 tahun penjara karena dianggap terbukti telah memerkosa perempuan berinisial CT. Pemerkosaan terhadap CT berlangsung dari 2007 hingga 2011, atau ketika CT masih berusia 16 tahun.

Gatot sendiri sebelumnya sudah divonis 10 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Mataram atas kepemilikan narkoba. Kini, Gatot berpotensi mendapat ancaman pidana lebih tinggi dari kasus asusila.

Sementara untuk kasus kepemilikan senjata api dan satwa liar, Gatot Brajamusti sudah dituntut tiga tahun penjara dan denda Rp 10 juta subsider kurungan tiga bulan oleh JPU. Dia dianggap terbukti melanggar Pasal 21 ayat (2) huruf a Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem karena memiliki satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup. Gatot juga dinilai melanggar Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 karena memiliki senjata api.

Namun untuk kasus kepemilikan senjata api dan satwa liar, Gatot masih menunggu agenda replik atau tanggapan JPU atas nota pembelaannya pekan lalu. Rencananya, sidang replik kasus kepemilikan senjata api dan satwa liar Gatot juga akan digelar hari ini.

Saat ini, Gatot Brajamusti sudah ditempatkan di ruang sidang Mudjono. Namun sidang belum digelar karena masih menunggu kehadiran Majelis Hakim dan JPU.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close