Mentan Tegaskan Mulai Hari Ini Indonesia Swasembada Protein


Mutiara Safitri 2018-04-20 11:17:58 Ekonomi 59 kali

Andi Amran Sulaiman (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,-  Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyatakan, mulai hari ini Indonesia sudah swasembada protein. Hal tersebut ditandai dengan telah dilakukannya ekspor perdana produk unggas, pakan ternak sebanyak 11 kontainer ke Jepang dan Timor Leste.

Sebanyak 6 ton ekspor perdana daging ayam olahan dilepas ke Jepang, kemudian ke Timor Leste, Indonesia mulai ekspor sekitar 120 ton pakan ternak dan 6,6 ton daging ayam olahan. Sebelumnya, ekspor juga sudah dilakukan ke Papua New Guinea, ekspor mulai Maret 2017.

“Ekspor ini adalah bukti Indonesia bisa ikut bersaing dengan negara lain dalam memproduksi daging dengan kualitas premium dan sesuai dengan persyaratan internasional,” kata Amran, di Kantor Pusat CPI, Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Kementerian Pertanian mencatat saat ini produksi ayam ras nasional mengalami surplus dibandingkan dengan kebutuhan nasional. Statistik Peternakan 2017 menunjukkan populasi ayam ras pedaging (broiler) mencapai 1,69 miliar ekor, lalu ayam ras petelur (layer) mencapai 166,72 juta ekor dan ayam bukan ras (buras) mencapai 310,52 juta ekor. Sangat berlebih jika dibandingkan data konsumsi daging ayam ras masyarakat Indonesia sekitar 11,5 kg/kapita/tahun, dan konsumsi telur 6,53 kg per kapita per tahun.

Dari data tersebut, Amran mengatakan, bahwa Indonesia telah swasembada protein dan bahkan ekspor. Untuk itu, polemik soal swasembada daging sapi dan sebagainya, sudah bisa terjawab melalui tersedianya protein lain yang disediakan oleh daging ayam.

"Tubuh ini kan gak ngerti ayam atau sapi, yang ngerti itu protein. Ayam dan telur protein 17%, daging 18%. Jadi di kepala swasembada daging, sekarang kita swasembada protein hari ini," tuturnya.

Sumber : okezone.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close