Pelabuhan Kuala Tanjung Siap Beroperasi Secara Komersial


Mutiara Safitri 2018-04-20 10:31:27 Ekonomi 86 kali

Pelabuhan Kuala Tanjung (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,- Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara telah siap beroperasi secara komersial. Salah satunya ditandai dengan bersandarnya kapal tanker MT Mars di pelabuhan tersebut pada 19 April 2018.

‎Direktur Operasional PT Prima Multi Terminal, Asmo Budi mengatakan, kapal tanker yang berbobot 46 ribu DWT, panjang 183 meter dan draft 13 meter ini melakukan uji coba sandar atau lepas, dan olah gerak di Terminal Multipurpose, Pelabuhan Kuala Tanjung.

Kapal tanker berbendera Tuvalu tersebut menjadi kapal kedua yang melakukan sandar di Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai bagian dari uji coba operasi dermaga Terminal Multipurpose.

"Dengan terlaksananya uji coba sandar kapal MT Mars di Terminal Multipurpose Pelabuhan Kuala Tanjung, diharapkan setelah melalui tahapan ini Pelabuhan Kuala Tanjung segera melakukan kegiatan operasional secara komersial," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Dalam uji coba ini, MT Mars melakukan dua kali sandar di kedua sisi dermaga kontainer dan curah cair sepanjang 500 meter dengan dua kapal tunda berkapasitas total 6.600 HP.

“Kegiatan uji coba sandar atau lepas ini merupakan salah satu persyaratan untuk mendapatkan izin operasional dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub)," lanjut dia.

Asmo menyatakan, MT Mars dipilih sebagai kapal yang melakukan uji coba sandar atau lepas dan olah gerak karena bobot kapal MT Mars ini yang mendekati atau serupa dengan desain kapasitas dermaga Terminal Multipurpose Pelabuhan Kuala Tanjung.

“Setelah uji coba kali ini, di sisi dermaga (Pelabuhan Kuala Tanjung) direncanakan akan ada uji coba operasional yang diperkirakan pada bulan Mei setelah alat yang berupa dua unit MHC datang,” jelas dia.

Sumber : liputan6.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close