KPU Tetapkan DPT Pilwalkot Serang Sebanyak 422.002 Pemilih


Lia Cikita 2018-04-19 21:46:08 Nasional 64 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Kota Serang, Kabar28.com, - KPU Kota Serang menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pilwakot Serang sebanyak 422.002 orang. Penetapan ini sebagaimana dihasilkan dalam pleno KPU. 

"Mudah-mudahan DPT 422.002 orang yang sudah kita tetapkan akurat dan partisipasi tinggi dibanding saat Pilgub 2017," kata Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin kepada wartawan di Serang, Banten, Kamis (19/4/2018).

"Ini ada selisih sekitar 4.000. Ada yang meninggal dan lebih banyak KTP ganda," katanya.
Jumlah DPT ini, menurut Heri, berkurang sekitar 4.000 orang dibanding saat penetapan daftar pemilih sementara (DPS) pada pertengahan Maret lalu. Pengurangan jumlah DPT ini disebabkan oleh adanya laporan Bawaslu soal banyaknya pemilih yang meninggal dan memiliki KTP ganda. Selain itu, Sidalih (Sistem Informasi Data Pemilih) juga menemukan KTP ganda, baik pemilih dalam satu TPS maupun ganda dalam satu kelurahan.

Setelah penetapan DPT ini, warga Kota Serang yang ingin memilih bisa menggunakan hak suaranya pada pelaksanaan pilwalkot nanti dengan membawa e-KTP atau surat keterangan (suket). Pemilih bisa mendaftar sesuai dengan alamat dalam KTP dan melakukan pencoblosan sekitar pukul 12.00 WIB.
Heri mengatakan jumlah DPT ini juga berkurang banyak dibanding saat pengumuman DPT Pilgub Banten 2017. Saat itu KPU mengumumkan DPT sebanyak 455.291 orang atau selisih sekitar 30 ribu pemilih. Namun, saat dicek kembali menggunakan sistem Sidalih, ternyata banyak nama ganda, yang masuk dalam kategori tidak memenuhi syarat.

"Itu banyak yang tak memenuhi syarat saat Pilgub, sehingga berimbas pada angka partisipasi di Kota Serang yang hanya 62 persen," ucap Heri.

"Kita berharap partisipasinya tinggi. Dengan partisipasi normal itu bisa meliputi yang tidak ada di DPT, tapi bisa milih dengan KTP elektronik dan suket," ujarnya. 

Sumber : detiknews.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close