Pertamina Bakal Kelola 8 WK Migas Baru Tahun Ini


Lia Cikita 2018-04-16 21:36:16 Ekonomi 37 kali

Bincang santai SKK Migas (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com, - Pemerintah akhirnya menyerahkan delapan Wilayah Kerja (WK) minyak dan gas kepada PT Pertamina. Delapan WK tersebut, kontraknya akan habis pada 2018.

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi menjelaskan, Pertamina akan 100% mengelola 8 WK tersebut. Hanya saja ini merupakan hal yang tergolong baru bagi Pertamina.

"Ada WK yang expired hampir bersamaan, ini baru pertama kali. Biasanya ada, tapi ini pertama kali berbarengan sebanyak ini. Pertamina juga belum pengalaman mengelola WK yang begitu banyak," jelas dia di kantor SKK Migas, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Dia menjelaskan, sebenarnya pembicaraan terkait siapa yang mengelola delapan blok tersebut, sudah dibicarakan sejak 2016. Namun, banyak pertimbangan yang harus diambil seiring dengan menguatnya harga minyak mentah dan lambatnya proses negosiasi.

"Pertama karena harga minyak yang naik, membuat keuangan Pertamina tertekan. Lalu yang kedua, negosiasi dengan eksisting lama, padahal kita mau cepat," jelasnya.

"Kita melihat, delapan WK itu masih menguntungkan, jadi kita putuskan beri ke Pertamina saja. Jadi kalau eksisting mau mengelola kembali, silakan ke Pertamina b to b," tambah dia. 

Menurutnya, sebelum expired pemerintah akan menawarkan kepada pemegang interested untuk bergabung dengan Pertamina. "Diharapkan pemegang existing juga mau lanjut. Ini kita pakai skema gross split. Jadi nambah yang pakai gross split,” tuturnya.

Adapun 8 WK yang akan terminasi tahun ini, yakni:

NSO

Ogan Komering

Southeast Sumatera

Tuban

East Kalimantan 

Attaka

Tengah

Sanga-Sanga

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close