Tes Kemampuan, 61 Pelajar SMKN 1 Tanjung Batu Ikuti UKK


Arie Perdana Putra 2018-04-16 14:50:47 Pendidikan 64 kali

Pelajar SMKN 1 Tanjung Batu saat mengikuti UNBK beberapa waktu lalu

INDRALAYA, Kabar28.com,- Setelah mengikuti UNBK beberapa waktu lalu, 61 pelajar SMKN 1 Tanjung Batu Ogan Ilir kembali mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) selama beberapa hari ke depan mulai Senin (16/4/2018).

Kepala SMKN 1 Tanjung Batu Ogan Ilir, Zubaidah menjelaskan, UKK adalah sarana untuk menjamin mutu pendidikan pada SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa-siswi pada level tertentu, sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK.

''UKK ini melibatkan institusi/mitra dari lembaga lain seperti dari Universitas Bina Dharma, Palembang sebagai penguji unjuk kerja siswa-siswi guna mendapatkan pengujian yang berstandar dan berkualitas,'' katanya.

Lanjut Zubaidah, penguji terdiri atas gabungan penguji internal dan eksternal. Penguji internal adalah guru produktif yang relevan, dan penguji eksternal berasal dari institusi yang memiliki latar belakang pendidikan dan/atau asesor yang memiliki sertifikasi kompetensi dan pengalaman kerja yang relevan dengan kompetensi keahlian yang akan diuji.

''Tujuan UKK adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa, UKK merupakan salah satu prasyarat wajib kelulusan peserta didik dari sekolah kejuruan. Untuk itu, perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah, dunia usaha/industri secara sinergis dan berkesinambungan yang ikut menjamin mutu dan kualitas serta keberhasilan peserta didik selaku calon tenaga kerja handal,'' ungkapnya. (app)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close