Waspada, Tiap Orang Berisiko Terinfeksi HPV


Lia Cikita 2018-04-13 21:13:11 Kesehatan 34 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Kabar28.com, - Vaksin HPV diindikasikan untuk perempuan usia 9-45 tahun. Laki-laki pun boleh mendapat vaksin ini. Vaksin diberikan dalam tiga dosis, dengan jadwal 0-2-6 bulan.

“Untuk usia di bawah 14 tahun, cukup dua dosis dengan interval antardosis enam sampai 12 bulan,” tutur dr Andi Darma Putra SpOG(K) dari RSCM.

Karenanya, sangat menguntungkan bila vaksinasi dilakukan pada usia anak. Selain biayanya lebih murah, antibodi yang terbentuk lebih baik, dan bisa melindungi sang anak sebelum ia aktif berhubungan seksual. Kenneth alexander MD PhD dari Nemours Childrenís Hospital, Florida, Amerika Serikat (AS) menyoroti besarnya peran vaksinasi dalam mencegah berbagai penyakit yang disebabkan infeksi HPV.

Dia mengapresiasi program vaksinasi HPV di sekolah yang sudah mulai dijalankan di Indonesia, yang dimulai dengan proyek percontohan di Jakarta tahun lalu. Prof Kenneth mengutarakan beberapa alasan pentingnya vaksin HPV diberikan pada anak remaja. “Kita tidak membicarakan soal hubungan seksual. Yang terpenting, vaksin adalah tindakan preventif,” katanya.

Vaksin HPV sama dengan vaksin lain yang perlu diberikan pada remaja. Menunda vaksinasi bisa menghilangkan kesempatan melindungi anak kita dari penyakit mematikan yang sebenarnya bisa dicegah.

Dan tentunya, dua dosis lebih mudah daripada tiga dosis. Ia menambahkan, vaksin HPV bukanlah untuk “perempuan nakal;” atau orang yang tidak bermoral. Vaksin ini adalah untuk semua orang; baik remaja, dewasa, perempuan maupun laki-laki. Stigma bahwa penyakit terkait HPV adalah penyakit menular seksual, perlu dihilangkan. Semua orang bisa mengalaminya, meski pada pasangan monogami yang saling setia. Bahkan pernah ditemukan infeksi HPV pada perempuan yang belum pernah berhubungan seksual. Virus HPV sama umumnya dengan bakteri Streptococcus atau Staphylococcus yang menyebabkan infeksi saluran napas.

Dengan kata lain, HPV sangat mungkin menginfeksi semua orang. Dalam masa hidupnya, 8 dari 10 orang laki-laki dan perempuan akan terinfeksi HPV. Tidak pernah ada kata terlambat untuk vaksinasi HPV. Perempuan yang sudah aktif secara seksual dan mendapati hasil papsmear yang abnormal, tetap bisa mendapat vaksin.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close