Bangun Perekonomian Wujudkan Sumsel dan Mandiri


Arie Perdana Putra 2018-04-13 10:47:08 Palembang 39 kali

Pemberian bantuan kepada para nelayan

PALEMBANG, Kabar28.com,- Untuk mewujudkan Sumsel maju dan mandiri, harus membangun perekonomian daerah yang mampu menjawab peluang dan tantangan era perdagangan bebas, khususnya tingkat Asia Tenggara melalui Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Hal tersebut diungkapkan Sekda Sumsel Nasrun Umar saat menerima kunjungan anggota Komisi IV DPR RI di di Sentra Kuliner Ikan Area Monpera, Palembang, kemarin.

Menurut Nasrun, MEA telah memberikan peluang besar kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk memasuki pasar ASEAN dan terlibat dalam Regional Value Chain (RVC). Oleh karena itu senantiasa diperlukan penggalian sumber-sumber potensi baru dan secara berkesinambungan memelihara kelestarian sumber-sumber kekayaan alam yang ada.

"Salah satu sumber pertumbuhan ekonomi daerah Sumsel yang potensial adalah sektor kelautan dan perikanan, khususnya Perairan Umum Daratan (PUD). Hal ini didasarkan pada potensi perikanan khususnya PUD Sumsel memiliki potensi yang sangat besar yakni kurang lebih 2.505.000 ha dengan produksi sebesar 119.887,8 ton pada tahun 2016," lanjutnya.

Dengan keanekaragaman hayati ikan yang cukup tinggi, lebih dari 233 jenis ikan serta wilayah Sumsel dilalui 9 sungai besar yang disebut Sungai Batang Hari Sembilan. "Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi kita khususnya pelaku UMKM kelautan dan perikanan agar dapat memanfaatkan peluang besar ASEAN yang sudah terbuka bebas," tuturnya.

Pjs. Walikota Palembang Akhmad Najib bahwa tempat ini sangat bermanfaat sekali. Apalagi pada saat malam minggu tentu ini sangat ramai pengunjung. "Konsumsi Ikan di Palembang sangat tinggi dan sungguh luar biasa dibutuhkan, salah satunya saja pempek hampir 6,4 ton perhari. Artinya bahan baku ikan ini sangat di butuhkan," ungkapnya.

Palembang, lanjut Najib tidak lama lagi akan menjadi perhelatan Asian Games. Kuliner dan juga Destinasi yang sudah disiapkan selain di JSC sudah siapkan juga salah satunya sentra kuliner ini. "Terima kasih dan selamat datang kepada Komisi IV DPR RI dan semoga sentra kuliner ini bermanfaat bagi masyarakat Palembang," katanya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close