Tak Hanya Resmikan Gedung, BKAD Maju Bersama juga Gelar Sunatan Massal


Arie Perdana Putra 2018-04-12 13:30:42 Ogan Ilir 118 kali

Penandatanganan prasasti gedung BKAD Maju Bersama. (Foto: app)

INDRALAYA, Kabar28.com,- Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Maju Bersama Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI) resmikan gedung baru dan lakukan bakti sosial sunatan massal dan pemberian bingkisan kepada 37 peserta, di Kelurahan Tanjung Batu Timur, Rabu (11/4/2018).

Ketua BKAD Maju Bersama, Lukman Umar mengatakan, BKAD adalah lembaga yang bergerak di bidang sosial ekonomi dan kebudayaan, berdiri sejak 2009 dan tetap eksis hingga sekarang.

"Struktur organisasi BKAD terdiri Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Badan Unit Pengelola Simpan Pinjam (UPSP), Badan Pengawas UPSP, Tim Verifikasi dan Tim Penyehat Pinjaman," katanya.

Saat ini, sambung Lukman, BKAD mengelola dana aktif sebesar 1,2 M terdiri dari 82 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5-10 orang, dan memiliki aset berupa tanah dan gedung.

"Pembangunan gedung ini sudah direncakan sejak era Camat Tanjung Batu Kapidin Hanafi. Mulai dilakukan pembangunan pada 1 Februari 2017 era Camat H. Azhari Adan, dan hari ini diresmikan masa kepemimpinan Camat Tanjung Batu Dasri H. Ishak," ujarnya.

Ke depan, BKAD memiliki rencana membangun siring dan pagar di sekitar gedung, membangun aula dan memberikan Bantuan Sosial kepada masyarakat seperti pemberian beras atau lainnya.

"Semua cita-cita tersebut tentu tak akan tercapai tanpa bantuan dan kerjasama seluruh pengurus, pemerintah kabupaten serta Camat dan Kades/Lurah se- kecamatan Tanjung Batu," tandasnya.

Sementara, Kabid Perkreditan dan Usaha Ekonomi Dinas PMD Ogan Ilir, Drs. Sulaiman Midun mengungkapkan, BKAD merupakan salah satu lembaga warisan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). Dan saat ini masih banyak terdapat infrastruktur peninggalan PNPM.

"Ada 3 peninggalan PNPM yang masih ada hingga sekarang. Lembaga, Infrastruktur seperti jalan, jembatan dan gedung PAUD serta dana yang sekarang masih dikelola. Pelihara dan manfaatkan apa yang ada tersebut untuk kesejahteraan masyarakat, bila perlu ke depan kita buat Badan Usaha Antar Desa," kata Sulaiman.

Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Tanjung Batu, Kabid Perkreditan dan Usaha Ekonomi Dinas PMD Ogan Ilir, Kades/Lurah se- kecamatan Tanjung Batu, peserta sunatan massal dan ratusan masyarakat. (app)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close