Ini Cara KPK Wujudkan Pilkada Berintegritas


Arie Perdana Putra 2018-04-10 21:27:59 Palembang 38 kali

Pembekalan terhadap calon kepala daerah se- Sumsel

PALEMBANG, Kabar28.com,- Guna mewujudkan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) berintegritas, Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) berkerja sama dengan Pemerintah Provinsi serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, gelar pembekalan terhadap calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah se- Sumsel, di Aula Lantai II Kantor KPU Provinsi Sumsel, Selasa (10/4/2018).

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, kegiatan pembekalan ini adalah salah satu tugas KPK untuk memberikan peringatan dan pencegahaan agar pasangan calon (paslon) tidak masuk dalam tindak pidana korupsi.

"Saya percaya Bapak dan Ibu mencalonkan kepala daerah niat nya baik, tujuan akhirnya memperbaiki kesejahteraan di daerah masing-masing," katanya.

Ia menuturkan, terjadinya tindak pidana korupsi karena ada kesempatan. Apalagi, Sumsel provinsi kaya akan sumber daya alam melimpah.

"Jangan sampai kesempatan ini dibuat negatif dalam bentuk penyalahgunaan kewenangan. Kita tak ingin ada Kepala Daerah masuk ke dalam tindak pidana korupsi," tegasnya.

Dirinya berharap, partai politik agar mengusung kandidat secara selektif sehingga terpilih yang terbaik dari yang baik. Sebab, partai politik punya partisipasi paling besar dalam mengawali pemilihan kepala daerah.

"Mudah-mudahan banyak manfaatnya dari kegiatan ini. Selamat menjadi kepala daerah siapapun yang terpilih. Sebaiknya kita tidak usah masuk ranah tindak pidana apapun. Maka yang kita lakukan ini pencegahan, karena bentuk rasa sayang KPK kepada kepala daerah," pungkasnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close