Dua Parpol Merapat ke Jokowi, Konstelasi Politik Bisa Jomplang


Mutiara Safitri 2018-04-10 10:04:47 Politik 62 kali

Adi Prayitno (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,- Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengaku tidak sulit untuk menebak dua partai politik (parpol) yang dikabarkan bakal merapat ke kubu koalisi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada bulan April ini. "Pertama kemungkinan besar PKB," ujar Adi.

Adi mengungkapkan, satu partai lainnya antara Demokrat atau Partai Amanat Nasional (PAN). Hal ini mengacu pada inisial 'biru' yang sudah disebutkan dan beredar di kalangan masyarakat.

Menurut Adi, jika akhirnya PAN yang merapat ke kubu Jokowi maka tak ada kejutan berarti. Pasalnya, partai yang dipimpin Zulkifli Hasan ini sudah menjadi bagian koalisi sejak tiga tahun lalu.

"Kecuali Demokrat yang merapat pasti heboh karena partai besutan SBY ini sejak awal milih nonblok," katanya.

Pengamat Politik asal UIN Jakarta ini menganggap, terlepas dari partai mana yang bakal bergabung ke kubu Jokowi, konstelasi politik ke ke depan bisa jomplang karena terjadi penumpukan dukungan kepada Jokowi.

Dia menambahkan, hitung-hitungan kalkulasi politik jadi tak berimbang karena kompetisi politik hanya menyisakan dua sampai tiga partai. Dengan konstalasi politik yang demikian, langkah Jokowi untuk menang Pemilu 2019 akan semakin gampang.

"Jika akhirnya yang merapat hanya PKB dan PAN bisa dipastikan tak akan ada kehebohan apapun. Jadi, upaya menutup-nutupi soal dua parpol tersebut jadi hambar," pungkasnya.

Sumber : sindonews.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close