UNBK di Mimika Dilaksanakan Menggunakan Satelit


Mutiara Safitri 2018-04-05 15:26:13 Pendidikan 143 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Timika, Kabar28.com,- Meski sedang terjadi gangguan jaringan di Mimika, Telkom telah mengupayakan jaringan internet terhadap tujuh hingga sembilan sekolah yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dengan menggunakan satelit.

"Kedepan lagi ada sekolah kami memback up lewat satelit 190 Mbps yang memang dikhususkan untuk mendukung proses kegiatan UNBK ini,” kata Kepala Kantor Daerah Telekomunikasi (Kakandatel) Timika, Jangkir Simbiak di Kantor Telkom Timika, baru-baru ini.

Ia juga menyampaikan akan terus mengawal proses UNBK hingga selesai. Salah satunya dengan terus melakukan koordinasi bersama para pihak dari dinas pendidikan maupun sekolah pelaksana UNBK. "Jadi sudah online dari kemarin, kami back up dengan jaringan satelit," ujarnya.

Sementara untuk pelaksanaan UNBK di tingkat SMP, hal yang sama juga akan dilakukan hingga proses UNBK selesai. “Untuk SMP dan lain-lain, kami tetap akan koordinasi dengan dinas atau kepala sekolah untuk bagaimana kelanjutannya nanti. Yang pasti SMA/SMK sesuai dengan informasi dari beberapa contact person atau teman-teman IT, sampai saat ini lancar,” tuturnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, gangguan jaringan internet khusus yang menggunakan kabel bawah laut fiber optik terjadi di Mimika dan Merauke, dan diperkirakan baru pulih pada pertengahan April mendatang.

Tahun ajaran 2017/2018, berdasarkan penyampaian Ketua Panitia Ujian Nasional (UN) Kabupaten Mimika, Drs Manto Ginting terdapat 18 SMK dan delapan SMA yang melaksanakan UNBK. Sedangkan tingkat SMP 50 persennya sudah bisa melaksanakan UNBK. Ia berharap, kedepan pelaksanaan UNBK untuk SMA dan SMP juga dapat berjalan lancar dengan adanya dukungan dari pihak Telkom.

"Harapan kami kedepan, tiga hari sisa dengan tanggal 9 sampai 12 nantinya UNBK SMA, dan tanggal 23 sampai dengan 26 UNBK SMP, harapan kami nanti jaringan sudah bisa," harapnya.

Sumber : okezone.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close