1.300 Produknya Bakal Dikenakan Tarif oleh AS, China Langsung Membalas


Lia Cikita 2018-04-04 20:26:12 Internasional 41 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Washington, Kabar28.com,  - Ketegangan perdagangan antara AS dan China semakin memanas. Ini ditandai dengan langkah China yang langsung membalas ketika AS berencana menerapkan tarif baru atas lebih dari 1.000 produk asal China.

Dikutip dari BBC, Rabu (4/4/2018), China menyatakan bakal menerapkan tarif sebesar 25 persen untuk impor 106 produk dari AS. Di antara produk-produk tersebut adalah kedelai, mobil, dan minuman jus jeruk.

Rencana tersebut diumumkan China hanya beberapa jam setelah Gedung Putih merinci sekitar 1.300 produk yang bakal dikenakan tarif impor sebesar 25 persen. Produk-produk yang dibidik AS antara lain televisi dan sepeda motor buatan China.

Gedung Putih menyatakan, rencana tersebut merupakan respons atas praktik kekayaan intelektual China yang tidak adil. Saling balas antara China dan AS tersebut menyababkan pasar saham Eropa anjlok lantaran aksi jual yang dilakukan investor dalam waktu sekejap. Di New York, indeks Dow Jones diprediksi bakal dibuka melemah sekitar 550 poin.

Sebelumnya, Beijing menyatakan sangat menentang rencana pengenaan tarif impor yang dilakukan AS. China bahkan menyebut AS bersikap unilateralistik dan proteksionis, serta bersumpah untuk membalas kebijakan AS.

Produk-produk yang ditargetkan oleh tarif impor yang dikenakan China bernilai sekitar 50 miliar dollar AS pada tahun 2017, menurut data Kementerian Perdagangan China. Beberapa produk AS yang akan terkena tarif adalah produk kimia, beberapa tipe pesawat, dan produk jagung.

Tarif tambahan juga akan dikenakan terhadap impor produk wiski, cerutu, tembakau, beberapa jenis daging, oli, serta produk plastik dari AS. Tarif impor juga akan dikenakan terhadap produk jus jeruk, sorgum, kapas, truk, beberapa jenis kendaraan listrik, mobil SUV, dan beberapa jenis gandum dari Negeri Paman Sam tersebut.

Sejumlah ekonom sebelumnya pun telah memberikan peringatan kepada Presiden AS Donald Trump terkait langkahnya menjatuhkan tarif terhadap China. Kebijakan tarif impor tersebut, menurut para ekonom, pasti akan dibalas oleh China dan merugikan AS karena harga di tingkat konsumen akan naik.

Sumber : kompas.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close