70% SMK di Riau Mampu Laksanakan UNBK Mandiri


Lia Cikita 2018-03-26 19:38:11 Pendidikan 75 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,  – Hampir 70% SMK di Riau sudah mampu melaksanakan UNBK mandiri, hanya di Kabupaten Kampar masih di bawah 50% yang melaksanakan UNBK secara mandiri dan di Rokan Hulu hampir 90% sekolah SMK melaksanakan UNBK mandiri.

Sedangkan, untuk SMA/Sederajat, masih 75% SMA di Pekanbaru yang melaksanakan UNBK mandiri, 11% sekolah melaksanakan UNBK bergabung dengan sekolah lain, sementara 19% lainnya masih melaksanakan UNKP. Di kabupaten Rokan Hulu pun tak jauh berbeda, sebanyak 71% akan melaksanakan UNBK dan sisa 29% akan melaksanakan UNKP.

Jumlah SMA/Sederajat yang mengikuti UNBK tetap memiliki peningkatan dibanding tahun 2017. Sedangkan jumlah SMK yang bisa mengikuti UNBK jauh lebih tinggi daripada SMA karena SMK sudah mencapai 70% pada tahun 2018.

Dinas pendidikan Provinsi Riau sendiri menargetkan seluruh sekolah tingkat atas di Riau akan mampu laksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 2020.

“Jumlah SMA yang melaksanakan UNBK sudah meningkat dibandingkan tahun 2017. Tahun lalu hanya 40 sekolah, tahun ini bertambah 40 sekolah lagi. Beda dengan SMK, SMK itu sekolah kejuruan, ada jurusan komputer juga di sana. Jadi mereka sudah punya peralatan sendiri untuk penunjang UNBK. Berbeda dengan SMA yang tidak keseluruhan punya labor komputer,” jelas Pelaksana Harian Kadis Pendidikan Provinsi Riau, Indra Agus Lukman, seperti dilansir dari laman Antara, Senin (26/3/2018).

Ketua Komisi X DPR RI, Djoko Udjianto juga mengatakan perlunya sinergitas yang baik antara pemerintah pusat dan daerah demi suksesnya pelaksanaan UNBK 2018 ini.

Dari 12 kabupaten atau kota di Provinsi Riau, enam di antaranya akan melaksanakan UNBK meski masih ada beberapa yang menumpang di sekolah lain.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close