KPK Segera Tahan Gubernur Jambi Zumi Zola


Lia Cikita 2018-03-22 01:03:34 Nasional 50 kali

Gubernur Jambi, Zumi Zola (foto: istimewa)

Jakarta, Kabar28.com, - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan menyebut sedang berkordinasi dengan penyidik untuk melakukan penahanan terhadap Gubernur Jambi Zumi Zola.

Zumi Zola sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan penerimaan hadiah serta janji terkait sejumlah proyek di Provinsi Jambi.

"Ya menjadi pertimbangan bagi kami untuk segera melakukan penahanan itu mungkin yang bisa kami nanti akan kami bicarakan dulu dengan penyidik," kata Basaria di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (21/3/2018).

Terkait dengan kehadiran Zumi Zola di kegiatan pencegahan di Jambi, Basaria menekankan bahwa, hingga kini Politikus PAN itu masih menjabat sebagai Gubernur. Sehingga, menurutnya, masih dalam kapasitas wajar bila sebagai pimpinan melihat bawahannya bekerja.

"Ini saya katakan yang biasanya tapi kalau beliau selaku gubernur jangan selaku tersangka mungkin ya tidak salah juga untuk melihat keadaan bagaimana bawahannya atau kepala dinasnya melakukan kerjasama dengan KPK itu kan bisa saja," ucap Basaria.

KPK sebelumnya, mengerahkan tim Pengawasan Internal (PI) untuk melakukan pengecekan terhadap kegiatan pencegahan yang melibatkan Zumi Zola. Hal ini menarik perhatian masyarakat karena, Zumi Zola telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Untuk memastikan bagaimana peristiwa yang terjadi secara lebih lengkap di Jambi kemarin, Pimpinan KPK sudah menugaskan direktorat Pengawasan Internal (PI) untuk melalukan klarifikasi," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah terpisah.

Kegiatan itu sendiri melibatkan KPK dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi yang digelar dari tanggal 19 Maret hingga 23 Maret. Acara itu bertajuk Monitoring dan Evaluasi Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Provinsi Jambi.

"Jadi kronologis dan penugasan yang dilakukan tersebut akan dicek kembali. Kami memperhatikan juga keseimbangan pelaksanaan tugas penindakan dan pencegahan," tutur Febri.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close