Mendagri Minta Sat Pol PP, Linmas dan Damkar Amankan Pilkada Serentak di Sumsel


Arie Perdana Putra 2018-03-21 19:44:57 Palembang 53 kali

Penyerahan piagam penghargaan

PALEMBANG, Kabar28.com,- Satpol PP peringati HUT ke-68, Satlinmas HUT ke-56 dan Pemadam Kebakaran HUT ke-99 yang diperingati secara bersama, di halaman Griya Agung Palembang, Rabu (21/3/2018).

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo dalam kata sambutannya yang dicakan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin meminta 3 satuan tersebut mempersiapkan dan mengamankan pilkada serentak di Sumatera Selatan.

"Namun saya juga minta untuk menjaga kondusifitas Sumatera Selatan, menjaga jangan sampai terjadi kebakaran hutan dan lahan dan mensukseskan Asian Games 2018 di Palembang," kata Alex.

Tak hanya itu, Mendagri mengamanatkan Satpol PP dan Satlinmas agar dapat mengawal pelaksanaan pilkada serentak 27 Juni 2018 mendatang. Sesuai dengan tema peringatan hari jadi Satpol PP ke-68 dan Satlinmas ke-56 kali ini “Satpol PP dan Satlinmas Siap Mengawal Pilkada Serentak 2018’. Tema ini merujuk kepada upaya peningkatan kesiapsiagaan serta keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas sebagai perangkat daerah yang turut memberikan dukungan untuk kelancaran pelaksanaan pilkada 2018.

Momen tahapan Pilkada serentak penting bagi jajaran Satpol PP dan Satlinmas di daerah, karena potensi gangguan terhadap penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat akan meningkat sangat tajam. Oleh sebab itu, Kepala daerah Bupati/Walikota juga diminta mengkoordinasikan kepada seluruh Jajaran Satpol PP dan Satlinmas se-Sumsel agar meningkatkan kesiapsiagaan menjaga ketertiban umum. Ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat, sebelum, pada saat, dan setelah pemungutan suara pada Pilkada serentak 2018.

Mendagri menekankan, faktor penting yang harus benar-benar diperhatikan yakni pelaksanaan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi, baik secara vertikal maupun horizontal dengan instansi terkait, seperti KPUD, Bawaslu, TNI dan Polri, serta Badan Kesbangpol di daerah, yang didasarkan atas hubungan fungsional, saling membantu dan saling menghormati, dengan mengutamakan kepentingan umum dan memperhatikan hierarki, serta kode etik birokrasi.

Selanjutnya, stakholder terkait diminta menyampaikan laporan secara tertulis kepada Mendagri setiap perkembangan situasi dan kondisi ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat di daerah masing-masing baik menjelang, pada saat, dan setelah peleksanaan pemungutan suara Pemilu, yang bentuk laporannya disesuaikan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelaporan Satuan Polisi Pamong Praja.

Sementara itu, upacara peringatan HUT tiga satuan tersebut dihadiri langsung Bupati dan Walikota, para Kasat Pol PP, Satlinmas dan Pemadam Kebakaran Kabupaten dan Kota se-Sumsel.

Dalam kesempatan itu, dilaksanakan juga penyerahan piagam penghargaan Gubernur Sumsel kepada Bupati dan Walikota sebagai pembinaan terbaik Satpol PP,  Satlinmas dan Pemadam Kebakaran.

Pembina Satpol PP terbaik pertama diraih Bupati Musi Banyuasin, terbaik kedua Walikota Palembang, dan terbaik ketiga Bupati Kabupaten Banyuasin.

Kemudian, pembina Satlinmas terbaik pertama diarih Bupati Musi Banyuasin, kedua Walikota Lubuk Linggau, dan terbaik ketiga Walikota Palembang.

Untuk pembina Pemadam Kebakaran terbaik pertama di raih Walikota Palembang, kedua Bupati OKU Timur dan terbaik ketiga Bupati Muara Enim. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close