Pasokan Sulit, Harga Bawang Selangit


Arie Perdana Putra 2018-03-19 15:34:30 Prabumulih 110 kali

Pedagang Bawang di PTM I Prabumulih. (Foto: Holdi)

PRABUMULIH, Kabar28.com,- Hampir dua pekan terakhir harga bawang merah di Pasar Tradisional Modern (PTM) I Kota Prabumulih mulai mengalami kenaikan, hal itu dipicu karena pedagang kesulitan mendapatkan pasokan bawang merah khususnya jenis Brebes yang berasal dari pulau Jawa.

Minimnya pasokan itu akibat tingginya curah hujan dan terjadinya bencana banjir di pulau jawa khususnya para petani bawang di Brebes. "Memang sejak seminggu ini pasokan bawang dari jawo agak sedikit tersendat. Oleh karena itu berdampak pada harga," ujar Saiful salah satu pedagang di PTM I Kota Prabumulih, Senin (19/3/2018).

Minimnya pasokan itu membuat bawang merah jenis brebes mengalami kenaikan. "Sebelumnya harga bawang merah jenis brebes Rp 35 per kilo gram, namun saat ini naik jadi Rp 45 per kilo gram. Kenaikan seperti ini biasa terjadi setiap kali musim penghujan," katanya.

Akibat kenaikan harga tersebut lanjutnya, kebanyakan pembeli beralih ke jenis bawang lokal yaitu yang berasal dari daerah Provinsi Lampung dan Pagaralam. "Memang jika dibandingkan, pembeli lebih banyak memilih bawang jenis brebes dibandingkan bawang jenis lokal. Karena bawang brebes memiliki ukuran yang lebih besar," jelasnya.

Meskipun mengalami kenaikan tambahnya, sejauh ini untuk tingkat pembeli sendiri tidak mengalami penurunan. "Tidak terlalu mengalami penurunan, pembeli masih stabil dan semoga akan tetap bertahan," tuturnya. (old)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close