Gus Ipul-Puti dan Khofifah-Emil Bersaing Ketat di Pilgub Jatim 2018


Mutiara Safitri 2018-03-16 09:39:37 Politik 95 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Surabaya, Kabar28.com,-  Semua pasangan calon (paslon) mempunyai potensi menang di pilgub Jatim yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018 mendatang. Sebab berdasarkan hasil survei Litbang Kompas masih menghadirkan pertarungan ketat.

Pilgub Jatim sendiri diikuti dua paslon. Untuk nomor urut 1 pasangan Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak. Sedangkan nomor urut 2 pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Puti Guntur Soerkarno.

"Tak ada yang unggul di antara dua calon karena hasil survei masih berada dalam rentang margin of error," terang Peneliti Litbang Kompas Yohan Wahyu saat berdiskusi di Universitas Airlangga Surabaya, Kamis (15/3/2018).

Yohan menjelaskan, dari hasil survei yang dilakukan memang tidak bisa diartikan (calon) ada paling unggul. Tetapi hal itu bermakna semua paslon mempunyai potensi untuk unggul.

Berdasarkan hasil survei menunjukkan elektabilitas Khofifah - Emil sebesar 44,5 persen. Sementara Gus Ipul-Puti sebesar 44,0 persen. Litbang Kompas menggelar survei pada 19 Februari-4 Maret dengan 800 responden.

Kemudian margin of error sebesar 3,46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Hasil tersebut belum bisa menjadi dasar yang kuat untuk menyimpulkan bahwa ada pasangan yang unggul.

"Karena perhitungan toleransi kesalahan pengambilan sampel penelitian 3,46 persen. Keluarga menjadi salah satu influencer utama dalam Pilgub Jatim. Maka model kampanye door to door cukup efektif dalam meningkatkan awareness," tandasnya.

Sumber : okezone.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close